9 Manfaat Buah Semangka untuk Jantung dan Kecantikan

Meringankan Nyeri Otot

Sebuah penelitian yang dimuat di Journal of Agricultural and Food Chemistry mengatakan bahwa jus semangka dapat mengurangi nyeri otot yang biasa terjadi setelah berolahraga. Manfaat semangka yang satu ini ternyata diperoleh dari kandungan citrulline yang ada di dalam semangka.

Baik untuk Kulit dan Rambut

Vitamin A dan C di dalam semangka menjadikan manfaat semangka baik untuk kesehatan kulit dan rambut. Jika Anda kekurangan vitamin A, kulit bisa tampak kering dan tidak sehat. Sementara vitamin C membantu tubuh Anda memproduksi kolagen, protein yang bertanggung jawab untuk kulit kenyal dan rambut kuat.

Memelihara Kesehatan Pencernaan

Manfaat semangka untuk kesehatan pencernaan diperoleh dari kandungan air yang melimpah serta serat yang cukup pada buah ini.

Keduanya sangat vital untuk kesehatan pencernaan. Karena itu, makan buah dan sayuran yang kaya air dan kaya serat, termasuk semangka, dapat membantu buang air besar lebih lancar.

Menurunkan Peradangan dalam Tubuh

Peradangan merupakan penyebab dari beragam penyakit kronis. Nah, manfaat semangka dapat membantu menurunkan terjadinya peradangan dalam tubuh. Ini karena semangka tinggi akan zat antioksidan.

Antioksidan inilah yang membuat likopen sangat penting bagi kesehatan otak. Contohnya, senyawa ini dapat membantu menghambat perkembangan penyakit Alzheimer.

Demikian beberapa manfaat semangka untuk kesehatan yang sayang untuk Anda lewatkan. Kini Anda sudah tahu bahwa semangka merupakan buah yang sehat karena kandungan air yang tinggi dan banyak nutrisi dan antioksidan penting di dalamnya. (WA/klikdokter/jpnn)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan