PLN Laksanakan Pemeliharaan Tiang Listrik di Beberapa Titik Lokasi di Kabupaten Bandung

BALAENDAH – Pemeliharaan tiang listik yang di kerjakan oleh tim patroli dari PLN, untuk membersihkan tiang-tiang listrik yang dipenuhi oleh rambatan tumbuhan.

Dalam kegiatan ini bertujuan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti terjadinya ledakan listrik akibat tiang listrik yang tidak terpelihara.

“Kebanyakannya sih ngebersihin layang-layang yang tersangkut di tiang ataupun kabel, nah biasanya itu yang membuat terjadinya ledakan. Baik dari layangan atau pun pepohonan yang merambat juga bisa menyebabkan ledakan, soalnya kan ini posisi kabelnya isolasian atau gak ada bungkusnya. Terus tegangan listriknya juga tinggi sekitar 20 ribu volt, sedangkan yang di rumah-rumaha sekitar 220 volt jika dibandingkan kan tentu bahayanya disini,” tutur Rifki Abdul Malik petugas patroli PLN.

Pemeliharaan tiang listrik ini di lakukan di tiga titik yaitu Balaendah, Rancamanyar, dan Sompok. Dalam sehari petugas patroli PLN bisa membersih kurang lebih 15 tiang listrik di sekitar Balaendah.

“Dalam sehari bisa sampai 15 tiang listrik yang kami bersihkan, tadi juga udah keliling dari Balaendah, terus ke Rancamanyar, sampe disini (Sompok). Bisa sampai ke ujung perbatasan soreang sana. Untuk pengerjaan tadi kita mulai dari jam delapan pagi kira-kira sampai jam dua siang,” tambah nya. (Mg3/wan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan