Angklung Musik Asli Khas Sunda, Bukan Musik Tradisional Sunda

BANDUNG – Angklung merupakan alat musik asli khas masyarakat Sunda Jawa Barat yang sudah terkenal sampai Eropa dan Amerika. Popularitas angklung terbukti dengan kesuksesan  Daeng Oktaviandi Udjo yang mengenalkan angklung kepada 60 Negara. Ia juga berhasil menjadi maestro angklung yang mencetak rekor dunia permainan angklung dengan peserta multibangsa terbanyak dengan peserta sekitar 5.182 orang di Washington DC, USA.

Menurut Daeng angklung merupakan harmonisasi seperti alam, seperti angin sepoi-sepoi yang berhembus mencitakan ketenangan.

Angklung juga dikenal sebagai alat musik tradisional khas dari Jawa Barat. Namun, menurut Daeng Udjo, angklung bukanlah alat musik tradisional, melainkan alat musik khas yang asli Jawa Barat.

Daeng menuturkan, jika angklung diperkenalkan sebagai alat musik tradisional, orang-orang akan cenderung menganggap angklung sebagai sesuatu yang kuno dan sudah ketinggalan zaman.

“Anggap saja saya akan mengajarkan alat musik angklung kepada anak-anak. Yuk anak-anak kita belajar alat musik angklung. Anak mungkin akan beranggapan, ah masa lampau tuh, ah kuno,”tutur Daeng Udjo kepada Jabar Ekspres.

Akan tetapi, jika pengajar memperkenalkan angklung sebagai musik asli dank has Sunda, anggapan kuno dan ketinggalan zaman itu bisa luruh.

“Jadi Angklung is a music original from West Java, jadi bukan musik tradisional. Kalo musik tradisional itu sudah tidak berlaku lagi,”katanya.

Sehingga jika kita mengenal musik angklung sebagai musik tradisional, angklung hanya akan digunakan sebagai alat untuk mengenang, bukan untuk dipergunakan. Ketika dimainkan pun hanya sebagai memperingati tradisi, mengenang sejarah, mengenang budaya, dan mencintai tradisi saja.

Daeng juga mengungkapkan pengertian orang mengenai budaya pun sering kali salah.

“Komunikasi ini budaya, dan budaya akan terus berkembang, bahkan setelah covid. Bagaimana kebudayaan kita, sehingga kebudayaan itu bukan hanya mengenai hal-hal lampau saja,”ujarnya.

Jika angklung dianggap sebagai musik tradisional, hal tersebut yang membuat Daeng Udjo merasa terhina. Anggapan tersebut akhirnya membuat orang malas mengenal angklung karena mengira angklung hanyalah sesuatu dari masa lalu.

“Bukan, orang menggunakan kebaya hanya saat ada hajatan, apakah itu kebudayaan? Bukan, itu hajatan, berbeda dengan di Bali. Di Bali itu kebudayaan dinikmati terus dan dicintai terus.”

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan