oleh

Waspada! BPBD Kabupaten Bandung: Terjadi Pergeseran Tanah di Kecamatan Kutawaringin

BANDUNG – Kepala Pelaksana Harian Badan Penangulanganan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung mebenarkan telah terjadinya pergeseran tanah di Kampung Cikadu Kidul Rt 04 Rw 02 Desa Buninagara Kecamatan Kutawaringin Kabupaten Bandung sejak Agustus 2020.

“Terkait laporan terjadinya pergeseran tanah di Kampung Cikadu Kidul Rt 04 Rw 02 Desa Buninagara Kecamatan Kutawaringin itu benar adanya,” ungkap Achmad Djohara saat diminta keterangan oleh jabarekspres.com, Sabtu (20/2).

Baca Juga:  Ketua MUI: Toleransi Bukan Berarti Mencampurkan Aturan Agama Lain

Terkait langkah antisipasi yang dilakukan, pihaknya mengungkapkan telah melakukan assessment dan koordinasi dengan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) atas adanya kejadian pergeseran tanah tersebut.

“Kami dari BPBD sudah melakukan assessment, sebagai tindak lajut sudah berkirim surat ke PVMBG guna koordinasi, dan PVMBG juga sudah survei ke lokasi kejadian,” ungkapnya lebih lanjut.

Selain itu Achmad Djohara pun mengatakan, pihaknya telah menyurati Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) untuk membuatkan drainase yang kedap air. Langkah tersebut dinilai dapat mengurangi resiko retakan parah.

Baca Juga:  Hubungannya dengan Sule Kembali Hangat, Nathalie Holscher Ambil Pelajaran

“Kita sudah menyurati PUTR agar di daerah tersebut dibuatkan semacam drainase yang kedap air. Sehingga resapan air yang mengancam terjadinya longsor bisa diatasi,” ujarnya.

Kajian sementara menurutnya, retakan terjadi karena tanah terlalu banyak menyerap air. Selain itu, drainase yang kurang menunjang bisa menyebabkan banyak air yang masuk ke dalam tanah, khawatir menjadi bencana longsor.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga