Pelaksanaan Dosis Vaksin COVID-19 Tahap Kedua Untuk Membentuk Antibodi Yang Optimal

BANDUNG – Vaksinasi oleh pemerintahan telah dilakukan di beberapa daerah wailayah Bandung diantaranya yang dilaksanakan di Auditorium Direktorat Poltekkes Kemenkes Bandung tahapan dosis kedua pada tanggal 15 sampai 16 Februari 2021. (16/2).

Lubis Bambang, P. SKM, M. Kes Humas Poltekkes Bandung menjelaskan bahwa dosis I dengan dosis II merupakan satu paket vaksin dalam jenis yang sama, bukan perbedaan materi atau tujuan namun hanya proses tahapan pemberian pada setiap orang saja.

“Dosis I itu baru pengenalan virus mati ke dalam tubuh, sedangkan Dosis II sebagai penguat sehingga membentuk antibodi,” ujarnya.

Dalam hal ini terdapat vaksin yang berbeda dengan sebelumnya yakni dapat menghasilkan kekebalan yang optimal agar imun tubuh manusia semakin kuat untuk melawan Covid-19.

Jumlah dosis vaksin yang dikeluarkan sesuai dengan jumlah nakes yang disuntik seperti pada jumlah penyuntikan vaksinasi dosis tahap pertama, maka dari itu kementrian kesehatan akan melakukan strategi agar vaksinasi dapat terlaksana dengan baik.

Setelah vaksinasi nakes se-Kota Bandung akan dilaksanakan nya gebyar vaksinasi covid-19 dosis II se-Jawa Barat yang berlokasi di Sabuga ITB untuk waktu dan tanggal akan dilaksanakan tanggal 17-18 Februari 2021.

“Setelah itu semua dari tim kita nanti berangkat ke yang Jawa Barat dari tim nakes Kota Bandung akan ditempatkan di Sabuga tanggal 17 hingga 18 Februari,” ujarnya mengakhiri. (Mg5/wan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan