Harga Ikan Laut di Pasar Ujung Berung Naik Hingga 35 Persen

UJUNG BERUNG – Beberapa harga ikan laut alami kenaikan hingga sebanyak 35 persen. Beberapa faktor mrnjadi penyebab kenaikan besar yang harus dialami masyarakat termasuk penjual ikan (17/2).

Kenaikan jenis ikan laut ini berlaku untuk beberapa ikan laut yang mengalami penipisan pasokan stok dengan kisaran harga yang berbeda-beda.

“Untuk harga ikan bawal laut Rp. 55.000 naik menjadi Rp. 60.000 untuk harga Balakutak awalnya Rp. 50.000 per kilonya naik menjadi Rp. 60.000 per kilonya sedangkan jenis ikan Bandeng yang awalnya Rp. 22.000 naik juga menjadi Rp. 34.000 sedang untuk udang besar Rp 45.000 menjadi Rp. 55.000 dan udang besar Rp 60.000 menjadi Rp. 70.000,” ujar Ucu Pedagang Ikan di Pasar Ujung Berung.

Ucu juga mengatakan untuk alasan kenaikan harga-harga ikan laut berdasarkan stok beberapa ikan yang tampak berkurang dan menurun termasuk dengan faktor pentingnya ialah pengaruh cuaca buruk diakhir-akhir pekan.

“Karena cuaca yang buat pasokan jadi berkurang jadi harga naik yah lalu biasanya juga penjual dipasok 10 kg untuk satu jenis ikan tapi sekarang hanya mendapat jatah 5 kg per tiap jenis ikannya,” jelas Ucu.

Sedangkan pengaruh pada daya beli masyarakat tentu menurun dikarenakan harga yang lumayan tinggi pada jenis ikan laut-lautnya.

“Kenaikan kondisi harga jadi sangat berpengaruh yang salah-satunya menyebabkan sepinya pembeli ditambah dengan pandemi seperti ini,” keluhnya.

Meski mengalami kenaikan untuk jenis ikan lautnya tidak ada kenaikan pada jenis ikan-ikan tawar biasa yakni masih kitaran harga jual standar. Sedangkan untuk alasan penurunan daya beli pembeli akhir-akhir ini juga dikarenakan masih mewabahnya pandemi covid-19. (Mg6/wan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan