Bansos Tunai Cair, Sudah Diterima Masyarakat Cisaranten

BANDUNG – Pembagian Bantuan Soial Tunai yang bekerjasama dengan Kementrian Sosial dan PT. Pos Indonesia telah memasuki tahap kedua di tahun 2021 ini, bantuan ini sudah berjalan sejak tahun 2020 lalu, imbas dari adanya pandemi Covid-19 sejak Maret 2020 lalu.

Tahap pertama dalam pembagian bantuan sosial tunai pada tahun 2021 ini sudah dimulai sejak Januari lalu.

Sistem data pembagian bantuan sosial tunai ini langsung dari Kecamatan Arcamanik seperti yang dijelaskan Tuti selaku Kepala Seksi Kesejahteraan Sosial di Kelurahan Cisaranten Endah.

“Pembagiannya ini bekerja sama dengan PT.Pos, nah undangannya kan dari Kecamatan, kita ambil barcode-nya dari kecamatan lalu di-share ke para RW nanti, nanti dari RW diambil undangan barcode-nya terus dibagikan kepada setiap warga yang ada didata, nanti warganya yang ambil ke sini,” jelasnya saat diwawancarai di Kantor Kecamatan Cisaranten Endah.

Tercatat ada 611 warga sekelurahan Cisaranten Endah yang terdata sebagai penerima bantuan sosial tunai tahap kedua di tahun 2021 ini, sistem pembagiannya pun diatur per 16 RW yang bergantian mengambil dana bantuan sosial dikarenakan kondisi Covid-19 yang mengharuskan warga menghindari kerumunan sosial di sekitarnya.

Dana bantuan sosial tunai ini diberikan kepada warga sebesar Rp.300.000 per Kartu Keluarga, dalam pembagiannyapun Tuti mengatakan ada beberapa kriteria warga yang bisa mendapatkan dana bantuan sosial tunai ini.

“Kriterianya ada sih sebetulnya ya untuk memang yang benar benar membutuhkan, seperti lansia, disabilitas tapi karena ini dampak dari pandemi ya banyak warga yang miskin baru, yang tadinya punya penghasilan tapi karena ada PHK jadi gak punya penghasilan. Tapi itu juga didata lagi, ya dengan para RW langsung ke lapangan dimonitor ini apa layak atau tidak mendapat bantuan gitu” ujarnya.

Terdapat perbedaan dalam pembagian dana bantuan sosial tunai tahap pertama dan kedua, yaitu berbedanya data yang ada, tetapi demikian pihak Kecamatan pun selalu mengecek ulang dengan Kementrian Sosial karena terkadang ada warga yang tercatat dalam data, tapi tidak mengambil dana bantuan saat dibagikan.

Pembagian dana bantuan sosial tunai tahap kedua ini telah dilakukan serentak pada hari selasa 16 Februari di 4 Kelurahan, yaitu Kelurahan Cisaranten Endah, Kelurahan Cisaranten Kulon, Kelurahan Cinambo dan Kelurahan Sukamiskin, Kecamatan Arcamanik, Bandung. (nissa)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan