Luar Biasa, Inilah Makna Makan Ikan Saat Imlek

JAKARTA – Tahun baru Imlek merupakan perayaan penting bagi orang Tionghoa. Penentuan tanggal perayaan yang identik dengan warna merah ini menggunakan penanggalan lunar, sehingga jika dengan kalender masehi biasa, tanggalnya berubah-ubah. Namun, biasanya haru Imlek jatuh antara 21 Januari sampai 20 Februari.

Tahun 2021 ini, Tahun Baru Imlek dirayakan pada 12 Februari. Menyambut perayaan Imlek ini, tidak lengkap rasanya jika tidak menyiapkan menu khas Imlek. Makanan khas tersebut memiliki makna tersendiri, yang sekaligus juga doa dan harapan untuk tahun yang akan dijalani.

Melansir dari Chinahighlights, ikan termasuk makanan keberuntungan khas Imlek. Makan ikan membawa harapan agar semakin sejahtera. Jenis ikan yang dimakan juga bukan ikan biasa. Ikan tertentu dimakan dengan maksud beserta makna tertentu pula.

Dalam bahasa Cina, ikan (鱼 Yú /yoo/) terdengar seperti surplus/ kelebihan. Orang Tionghoa selalu suka memiliki surplus di akhir tahun, karena mereka menganggap jika berhasil menabung sesuatu di akhir tahun, maka mereka bisa menghasilkan lebih banyak di tahun depan.

Jenis ikan yang dimakan saat tahun baru Imlek

  1. Ikan mas Crucian: Sebagai karakter pertama dari ‘ikan mas Crucian’ (鲫鱼 jìyú / jee-yoo /) terdengar seperti kata Cina 吉 (jí / jee / ‘keberuntungan’), makan ikan mas crucian dianggap membawa keberuntungan untuk tahun yang akan datang.
  2. Ikan mas lumpur Cina: Bagian pertama dari bahasa Cina untuk “ikan mas lumpur” (鲤鱼 lǐyú / lee-yoo /) diucapkan seperti kata untuk hadiah (礼 lǐ / lee /). Jadi orang Tionghoa menganggap makan ikan mas selama Tahun Baru Imlek melambangkan harapan akan keberuntungan.
  3. Ikan Lele: Bahasa Cina untuk “ikan lele” (鲶 鱼 niányú / nyen-yoo /) terdengar seperti 年 余 (nián yú) yang berarti “tahun surplus”. Jadi makan lele adalah harapan untuk surplus di tahun ini.

Tidak sembarang makan, jumlah memakannya pun ada maknanya. Jika makan dua ikan, satu pada Malam Tahun Baru dan satu pada Hari Tahun Baru, (jika ditulis dengan cara tertentu) kedengarannya seperti keinginan untuk surplus tahun demi tahun. Jika hanya satu lele yang dimakan, makan bagian atas ikan pada malam tahun baru dan sisanya pada hari pertama tahun baru dapat diucapkan dengan arti homofonik yang sama.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan