Kamis Manis Ngobrol Bisnis Diikuti 30 Peserta UMKM

BANDUNG – Kadin (Kamar Dagang dan Industri) mengadakan kegiatan rutin setiap hari Kamis yaitu “Kamis Manis Ngobrol Bisnis”.  Kegiatan diselenggarakan di Aula Gedung Kadin, Jl. Talaga Bodas No. 31, kamis (11/2).

Acara ini merupakan kegiatan pelatihan untuk para usaha mikro kecil menengah (UMKM), untuk meningkatkan penjualan produk. Acara ini dimulai pada pukul 10.00 – 12.00 wib.

Dalam kegiatan ini di hadiri langsung oleh Ketua Kadin Kota Bandung, Ir. Iwa Gartiwa, MM. yang membuka acara tersebut. Dihadiri juga oleh kepala sekolah dari SMKN 3 Bandung Dra. Euis Purnama, M.M.Pd. yang akan ikut resmikan peluncuran program SMK Sahabat.

“Saya berterimakasih kepada Kadin karena telah memfasilitasi kami dari SMK 3. Kalau ada dari UMKM yang butuh bantuan fasilitas, kami sangat terbuka untuk kemajuan ekonomi kota bandung,” ucap Euis Purnama kepala sekolah SMKN 3 Bandung

Acara ini dihadiri oleh para peserta pelaku UMKM, dan kebanyakan peserta yang hadir terbilang cukup muda. Peserta berjumlah 30 orang, dan ada 12 orang yang membawa contoh dari produk UMKM.

Pada acara pembahasan kamis ini lebih memfokuskan soal pemasaran dan menguatan terhadap sebuah produk.

“Untuk hari kamis memang khusus pemberian materi kepada para pelaku UMKM,” sambungnya.

Pemberian materi langsung diberikan oleh wakil ketua bidang koperasi UMKM dan kemitraan, Bambang Tris Bintoro.

Bintoro mengatakan dalam pemberian materinya ada tiga aspek yang harus diperhatikan dalam sebuah pemasaran, seperti: produk, harga, dan tempat.

“Yang pertama ada produk yang dipasarkan harus memiliki nilai lebih atau penguat dibandingkan dengan produk yang lain. Kedua ada harga, kita harus tau segmen pasar yang kita jual akan mengarah kemana, dari situ kita bisa menentukan harga yang cocok utuk produk kita. Dan yang ke tiga ada tempat, produk yang kita jual segmen pasarnya dikalangan seperti apa maka kita bisa mencari tempat yang cocok dengan pasar produk kita,” paparnya.(Mg1/wan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan