KADIN Kota Bandung dan SMKN 3 Bandung Tanda Tangani MOU Program “SMK Sahabat UMKM”

BANDUNG – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Bandung mengadakan acara Launching Program “SMK Sahabat UMKM” di Graha Kadin Kota Bandung Jl. Talaga Bodas No. 31, Kamis (11/2).

Dalam acara ini Ketua Kadin Kota Bandung Ir. Iwa Gartiwa, MM dan Kepala Sekolah SMKN 3 Bandung Dra. Euis Purnama, M. M.PD menandatangi Memorandum of Understanding (MOU) sebagai kesepakatan kerjasama. Selain dari pihak Kadin Kota Bandung dan SMKN 3 Bandung, acara ini dihadiri oleh para pelaku usaha UMKM yang ada di Kota Bandung.

Meskipun dalam masa PPKM mikro, Kadin tetap melaksanakan launching dengan menerapkan protokol kesahatan 3M, yaitu Memakai masker, Mencuci tangan dan Menjaga jarak.

Ketua Kadin Kota Bandung Ir. Iwa Gartiwa, MM dalam sambutannya mengatakan bahwa kadin telah bekerja sama dengan Kejaksaan dan LPDB (Lembaga Pengelolaan Dana Bergulir).

“Kadin Kota Bandung kerjasama dengan  Kejaksaan Negeri Kota Bandung dan LPDB untuk  menggulirkan Dana Bantuan Bergulir melalui Koperasi, tolong manfaatkan ini, ini peluang, untuk UMKM kota Bandung dana yang akan disalurkan sebesar 475 milyar,” jelasnya.

Selanjutnya Kepala Sekolah SMKN 3 Bandung Dra. Euis Purnama, M.M.PD mengatakan dalam kondisi sekarang lebih menguntungkan jika memiliki UMKM dengan mengikuti kemajuan teknologi digital. Seperti memiliki web ataupun dengan promosi melalui media sosial. Maka dari itu Kadin Kota Bandung dan SMKN 3 Bandung menjalin kerjasama terkait program “SMK Sahabat UMKM”

Program SMK Sahabat UMKM merupakan program yang bertujuan menawarkan kerjasama dengan Usaha UMKM dalam bentuk edukasi dan bimbingan oleh siswa dan siswi kelas 11 SMKN 3 Kota Bandung kepada UMKM yang membutuhkan bimbingan manajemen keuangan.

Seperti penentuan harga jual, penentuan HPP (Harga Pokok Produksi), pembuatan laporan keuangan dan cashflow. Selain itu bisa untuk dibuatkan logo perusahaan atau produk, managemen pariwisata dan kompetensi lainnya yang ada di SMKN 3  Kota Bandung. Hal tersebut gratis, tidak berbayar karena hanya untuk keperluan Praktek Kerja Lapangan (PKL) siswa dan siswi yang digunakan untuk membantu UMKM dalam menjalankan bisnisnya.

Sebelum menutup acara launching Kepala Sekolah SMKN 3 Bandung berterimakasih kepada Kadin Kota Bandung.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan