Waspada! Gadget Bikin Anak Terlambat Bicara

TORONTO – Anda adalah orang tua dengan balita di rumah, dan kerap menggunakan gadget Anda untuk menghibur hari buah hati? Anda mungkin ingin berpikir dua kali sebelum melakukannya setelah ini.

Seperti dilansir NDTV, penggunaan gadget pada anak berusia di bawah tiga tahun (batita), ternyata dapat berdampak langsung terhadap kemampuan mereka untuk berbicara di kemudian hari.

Menurut studi yang dilakukan di Toronto, Kanada,  melibatkan hampir 900 batita, berusia antara enam bulan hingga tiga tahun, ditemukan fakta yang mengkhawatirkan.

Berdasarkan temuan studi itu, di mana anak-anak yang terlibat diminta untuk melakukan check-up setelah 18 bulan keterlibatan mereka, sekitar 20 persen melaporkan menggunakan gadget hampir 30 menit per harinya.

Dan berdasarkan hasil screening para ahli terhadap keterlambatan anak dalam mempelajari bahasa, ditemukan bahwa, semakin lama anak mereka bermain dengan gadget, maka semakin tinggi pula keterlambatan anak dalam kemampuannya berbicara.

Dari situ juga ditemukan, dari setiap 30 menit peningkatan screen time, maka risiko akan gangguan bahasa ini pun meningkat hingga 49 persen.

Punya batita di rumah yang kerajingan gadget? Anda  mungkin ingin membatasi penggunaannya setelah ini. (Fin.co.id)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan