Pablo Cikaso, Nuansa Baru Dunia Musik Klasik yang Lahir di Bandung

BANDUNG – Bagi penggemar musik tanah air mungkin banyak sekali orang yang telah mengenal dan mendengarkan lantunan musik dari Pablo Cikaso. Tapi tidak banyak yang mengetahui bahwa Pablo Cikaso adalah proyek bermusik dari Raka Suryakusumah. Seorang anak muda asal Bandung yang seringkali menyuguhkan musik dengan nuansa jadul dibalik nama samarannya itu.

“Sebenarnya nama itu terinspirasi dari Pablo Picasso, kebetulan waktu itu Saya lagi ngekost di daerah Cikaso, Bandung. Akhirnya kepikiran pakai nama Pablo Cikaso,” ujarnya.

Dia dikenal karena kemampuannya mengaransmen ulang karya-karya musisi seperti Mondo Gascaro, Polyster Embassy, Rich Brian, The Adams, White Shoes & The Couples Company, bahkan hingga lagu soundtrack film Sinchan pun pernah Ia ubah. Luar biasanya, Ia mengubah aliran musiknya menjadi genre era 80’an.

“Awalnya iseng aja, karena saya suka musik seperti itu dan senang ngulik juga, akhirnya pengen membuat sesuatu yang berbeda,” sambungnya.

Berkat kepiawaiannya itu banyak sekali orang yang menggemarinya. Bahkan banyak orang beranggapan bahwa ketika mendengarkan musik Pablo Cikaso, maka kita akan terbawa suasana seakan ada di era tahun 1980 an.

“Saya gak punya ekspektasi yang tinggi untuk orang lain suka akan musik saya. Saya hanya membuat apa yang saya senangi saja. Jadi nothing to lose aja” Tuturnya.

Karya musik yang telah diunggah ke akun youtube miliknya mendapatkan perhatiaan dari publik dan telah ditonton lebih dari 4 juta kali. Atas hal itu, kini Ia telah dikontrak oleh label musik ternama.

“Iya mungkin gara-gara unggahan video musik saya di youtube dan banyak yang suka. Dari situ baru ada label musik yang nawarin kontrak, yah saya coba aja. Karena meski sudah ada label musik pun saya tetap menciptakan musik yang saya suka aja.” Tandasnya. (Adi Ikhsan/wan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan