China Merilis Foto Penampakan Terbaru Planet Mars

BEIJING – Misi eksplorasi luar angkasa perdana China ke Mars telah menangkap gambar pertama planet merah itu, kata badan antariksa itu pada Jumat, sekitar enam bulan setelah pesawat itu meninggalkan Bumi.

Tianwen-1 yang tidak berawak mengambil gambar pada jarak sekitar 2,2 juta km (1,4 juta mil) dari Mars, menurut China National Space Administration (CNSA), yang memberikan gambar hitam-putih.

Pesawat itu sekarang hanya setengah jarak dari Mars dan sekitar 184 juta km dari Bumi setelah 197 hari misi, kata CNSA dalam sebuah pernyataan, menambahkan bahwa sistemnya dalam kondisi baik.

Tianwen-1 diluncurkan pada Juli dari pulau Hainan selatan China dan diharapkan mencapai orbit Mars bulan ini. Pada bulan Mei, ia akan mencoba mendarat di Utopia Planitia, sebuah dataran di belahan bumi utara, dan mengerahkan penjelajah untuk menjelajah selama 90 hari.

Jika berhasil, Tianwen-1 akan menjadikan China negara pertama yang mengorbit, mendarat, dan mengerahkan penjelajah dalam misi perdananya ke Mars, yang selanjutnya meningkatkan kredensial luar angkasa China setelah tahun lalu menjadi negara pertama yang membawa kembali sampel dari bulan sejak 1970-an.

China sebelumnya mengajukan tawaran Mars pada 2011 dengan Rusia, tetapi pesawat ruang angkasa Rusia yang membawa wahana itu gagal keluar dari orbit Bumi dan hancur di atas Samudra Pasifik. (reuters)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan