Robert Nilai Turnamen Pramusim saat Ramadan Tak Ideal

BANDUNG – Pelatih Persib, Robert Alberts berikan penilaian terkait turnamen pramusim yang ideal di masa transisi jelang kompetisi Liga 1 2021 digelar. Menurutnya sebelum menggelar turnamen, seharusnya pihak penyelenggara harus tahu lebih dulu kepastian Liga 1.

“Pertama kita harus tahu kapan kompetisi akan dimulai, tidak ada gunanya kita berbicara ini atau itu ketika kita tidak tahu kapan kompetisi 2021 akan bergulir,” ujar Robert kepada awak media dilansir dari republikbobotoh.com, Selasa (2/2).

Sebagaimana yang diketahuinya sebagai pelatih tim profesional, Robert menilai bahwa pesepakbola akan kesulitan untuk mengembalikan performanya saat turnamen pramusim digelar di bulan Ramadan.

Terlebih di bulan Ramadan, para pemain tidak dalam kondisi yang prima meski bertanding setelah waktu berbuka.

“Dari sudut pandang teknis dan ilmiah, ketika pemain sudah tidak menjalani pertandingan selama satu tahun, anda tidak bisa berharap pemain bisa menjalani pramusim selama Ramadan karena mereka tidak dalam kondisi yang baik dan elemen kompetitif lainnya,” tambah Robert.

Oleh karena itu ia mengatakan sangat idela apabila kompetisi digelar dua bulan setelah Idul Fitri. Di waktu itu ada waktu bagi setiap tim untuk mempersiapkan timnya untuk Liga 1 2021.

“Jadi sangatlah logis jika Liga untuk berjalan minimalnya dua bulan setelah ramadan, dengan begitu tim punya waktu dua bulan untuk mempersiapkan dirinya untuk menjalani liga. Jadi jika lebaran berakhir di pertengahan Mei, kami akan mulai memeprsiapkan tim di pekan akhir Mei dan kompetisi bisa bergulir di akhir Juli atau awal Agustus. Itu menjadi masuk akal,”

” Saya pikir klub bisa mengatur sendiri dalam menggelar kompetisi atau turnamen skala kecil dan menggelar nya di stadion kosong sekaligus untuk mengetahui bagaimana penerapan prosedur di Liga ketika pertandingan digelar tanpa penonton karena itu menjadi jaminan seprti yang terjadi di eropa, anda tidak bisa menggelar pertandingan jika orang-orang tetap datang ke stadion,” tuntasnya. (bbs/tur)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan