5G Segera Meluncur di Indonesia, Berbagai Pihak Siap Kolaborasi Menghadirkan 5G untuk Pengguna

 

Keuntungan 5G

Tidak hanya soal persiapan 5G di Indonesia, saat ini banyak yang masih bertanya mengenai manfaat layanan 5G. Dengan kecepatan tinggi dan latensi yang kecil, pengguna ingin tahu keuntungan yang bisa mereka rasakan di jaringan teknologi terbaru ini.

Menjawab pertanyaan soal pemanfaatan 5G bagi konsumen, Shannedy Ong dari Qualcomm menjelaskan bahwa setidaknya ada 3 karakteristik layanan 5G.

Yang pertama yaitu Enhanced Mobile Broadband, dengan kemampuan ini pengguna bisa melakukan download hingga kecepatan 3 Gbps, tidak hanya itu pengguna juga bisa menikmati layanan video streaming berkualitas 4K bahkan 8K dengan sangat mulus.

Karakteristik 5G yang kedua  yaitu Low Latency, dimana 5G cuma memiliki latensi 1 milisecond, jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan teknologi 4G yang latensinya mencapai 30-50 milisecond.

Manfaat dari low latency ini salah satunya pada cloud gaming yang memungkinkan para gamers bisa puas memainkan game berbasis cloud dengan performa yang mulus karena berjalan pada jaringan 5G dengan tingkat latensi rendah.

Karakteristik 5G yang ketiga yaitu Massive IoT, dimana dengan berbasiskan teknologi 5G jumlah perangkat IoT (Internet of Things) yang terkoneksi satu sama lain akan semakin banyak jumlahnya.

Selain itu Aryo dari OPPO Indonesia juga menambahkan layanan berbasis 5G lainnya yang bisa dirasakan pengguna adalah AR Blast.

Layanan Augmented Reality memang sudah hadir saat ini, namun dengan adanya teknologi 5G pengguna bisa merasakan pengalaman baru layanan AR dan dengan lebih lancar.

Aryo juga menyoroti soal keunggulan 5G yang memiliki latensi yang rendah yang bisa sangat berpengaruh pada layanan berbasis cloud.

“Tidak hanya cloud gaming yang semakin mulus, tapi juga berbagai layanan lainnya bisa lebih lancar diakses. Misalnya download file berukuran besar bisa dilakukan hanya hitungan detik saja. Dan yang tak kalah menarik, perangkat yang digunakan pengguna tidak akan terbebani karena berbagai file bisa disimpan dan diakses dari cloud secara lebih mudah dan cepat.”tambah Aryo.

Selain keuntungan untuk pengguna, Sukaca dari Smartfren juga menyoroti keuntungan 5G untuk kebutuhan yang lebih besar. “Teknologi 5G bisa juga dimanfaatkan untuk kebutuhan otomatisasi di industri” ujar Sukaca.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan