Pemimpin Myanmar Aung San Suu Kyi Ditangkap Pihak Militer Dini Hari Tadi

JAKARTA- Pemimpin Myanmar Aung San Suu Kyi dan sejumlah tokoh senior lainnya dari partai berkuasa ditangkap dalam penggerebekan dini hari Senin (1/2) dilansir fin.co.id.

Penangkapan itu berlangsung setelah beberapa hari ada terjadi ketegangan antara pemerintahan sipil dan militer sehingga berpengaruh meningkat dan menimbulkan kekhawatiran kudeta pascapemilu. Militer menyebutkan bahwa pemilu di Myanmar diwarnai kecurangan.

Juru bicara Myo Nyunt melalui telepon mengatakan kepada Reuters bahwa Suu Kyi, Presiden Win Myint dan sejumlah pemimpin lainnya “dibawa” pada dini hari.

“Saya ingin memberitahu masyarakat kami untuk tidak langsung menanggapi (kejadian itu) dan saya ingin mereka bertindak sesuai hukum yang ada,” katanya, dikutip Reuters. Dia mengaku bahwa dirinya kemungkinan juga bakal ditahan.

Militer Myanmar berupaya mengambil alih kekuasaan, melawan pemerintahan yang terpilih secara demokratis dengan menahan Aung San Suu Kyi bersama sejumlah pimpinan partai Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD) dalam penyergapan dini hari tadi.

Pihak militer menyebut penahanan itu dilakukan sebagai respons atas “kecurangan pemilu”, menurut pernyataan yang disampaikan melalui siaran televisi milik militer. (Fin.co.id)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan