Penghijauan Pasca Longsor Sumedang, 8.000 Pohon Ditanam, Borpile Dipasang

SUMEDANG – Seperti diketahui bahwa Kota Sumedang tengah melakukan penghijauan pasca musibah bencana alam banjir dan longsor yang melanda pada Sabtu, 9 Januari lalu, dengan penanaman bibit pohon khususnya untuk zona merah lokasi longsor.

Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir menuturkan untuk bibit yang akan ditanam sebagai bentuk penghijauan berjumlah delapan ribu pohon.

“Totalnya kami menyiapkan delapan ribu yah. LH (Lingkungan Hidup) saat ini menyiapkan delapan ribu, yang ditanam disini dua ribu pohon dengan ruas 2 hektar setengah,” kata Dony saat memberi kata sambutan di Kecamatan Cimanggung, Sumedang pada Minggu, 31 Januari 2021.

Sementara untuk mendukung ketahanan tanah supaya tidak terjadi lagi bencana longsor, diketahui nantinya akan dipasang tulangan ke dalam tanah atau disebut dengan formasi Borpile.

“Yang longsor ini akan Borpile di sana. Borpile itu semacam penahan tanah, oleh BBWS akan dibangun itu,” ucapnya.

Kemudian terkait jalur air, Dony menjelaskan bahwa akan memperhatikan drainase guna melancarkan aliran air.

“Air harus dialirkan. Jangan sampai gak dialirkan, nantinya akan mengakibatkan pergeseran tanah,” tuturnya.

Selain drainase yang diperbaiki, kata Dony, lereng-lereng pun akan ikut diperbaiki serta dilakukan penanaman pohon supaya menghindari terjadinya bencana longsor.

“Karena dengan menanam tanaman keras Insya Allah tanaman itu akan bisa mencegah longsor,” ucapnya

Dony juga berharap agar kegiatan penghijauan dengan menanam pohon ini dapat dilakukan dengan ikhlas bukan sekadar formalitas.

“Harapan saya kegiatan ini tidak hanya formalitas belaka, tidak hanya menggugurkan kewajiban tapi memang betul diikuti sebaik-baiknya, hadirkan hati kita untuk menanam sebaik-baiknya, sebagai bagian amal ibadah kita,” ujarnya.

Kemudian kata Dony, setiap wilayah kecamatan hingga desa untuk Kabupaten Sumedang harus melakukan penghijauan mulai dari menanam pohon dan merawatnya sampai pohon tersebut tumbuh besar.

Dony menuturkan bahwa dengan dilakukannya penghijauan yaitu menanam pohon maka tanaman yang ditanam dapat menyimpan air, menghasilkan oksigen serta akarnya akan mengikat tanah. (mg10)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan