Sosok Inspiratif! ASN Termuda KBB Raih Gelar Doktor Ilmu Hukum

BANDUNG – Sosok Intan Cahya Rachmat, yang kini berusia 35 tahun menjadi inspirasi bagi generasi muda. Dia mampu menunjukkan prestasi membanggakan dengan meraih gelar Doktor Ilmu Hukum di Univeristas Pasundan (Unpas). Perempuan yang kini menjabat Kepala Bidang (Kabid) Hubungan Industri dan Syarat Kerja, pada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) KBB ini, mampu membuktikan di tengah kesibukan melayani masyarakat, namun mampuh menyelesaikan pendidikan sampai jenjang tertinggi atau tingkat doktoral (S3).

Intan meraih gelar doktornya setelah melaui disertasinya yang berjudul “Implementasi Konsep Pembaharuan Pemerintahan Tradisional Desa Dalam Penyelengaraan Urusan Pemerintahan Menurut Undang-Undang Dasar Tahun 1945”. Intan punya ambisi ingin memberikan kontribusi untuk kemajuan desa di sejumlah daerah, khususnya di wilayah KBB.

“Di negeri ini, desa harus maju dan terus berkembang mengikuti perkembangan zaman, tentunya tanpa harus mengesampingkan kultur-kultur tradisional yang sudah ada. Termasuk desa juga harus berkembang dari segi hukum dan aturan,” kata Intan, Rabu (27/1/2021).

Bagi Intan, meraih gelar doktor harus melalui berbagai rintangan khususnya bertarung melawan kesibukan jadwal pekerjaan yang padat. Untuk meraih gelar tersebut, Intan mengaku bahwa itu bukan perkara mudah, pasalnya di sela kesibukannya pekerjaan mengurusi persoalan buruh dan perusahaan, dia juga harus meluangkan waktu untuk meneruskan studi akademik tersebut.

Sehingga bagi dia, gelar doktoral ini sangat membanggakan karena harus berhadapan dengan kesibukan yang begitu padat. “Ada hal penting untuk meraih cita-cita pendidikan ini yakni pola hidup yang harus terjadwal. Selain itu, saya punya prinsip bahwa segala sesuatu jangan selalu dijadikan beban,” tuturnya.

Adapun Intan mengaku raihan gelar doktor yang dicapainya tidak terlepas dari doa dan dukungan orang-orang terdekat, khususnya kedua orang tuanya. “Orang tua punya peran penting dalam menyelsaikan gelar doktor ini. Saya bersyukur dengan doa dan dukungan mereka, saya bisa memastikan masa depan saya, termasuk untuk masa depan anak-anak saya,” tandasnya. (mg6/drx)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan