Nabung Sampah Jadi Emas? Inilah Inovasi PD Kebersihan Kota Bandung

BANDUNG – Perusahaan Daerah (PD) Kebersihan Kota Bandung menggagas inovasi program menabung sampah yang bisa dikonversi menjadi emas oleh masyarakat.

 

Direktur Utama PD Kebersihan Kota Bandung Gun Gun Saptari mengatakan lewat program tersebut masyarakat cukup mengumpulkan sampah anorganik seperti sampah kertas, kaleng, kardus, gelas, botol plastik maupun botol kaca.

 

“Dasarnya memberikan reward yang menstimulus masyarakat untuk bisa konsisten,” kata Gun Gun di Bandung, Jawa Barat, Rabu, (27/1), dilansir dari Antara.

 

Sampah itu dapat dikonversi jika setara dengan nilai Rp40 ribu hingga Rp50 ribu menjadi emas seberat 0,025 gram sesuai syarat dan ketentuan.

 

Dengan reward itu, Gun Gun berharap masyarakat bisa lebih konsisten untuk memilah sampah sebagai langkah menjaga lingkungan. Ia juga berharap kebersihan Kota Bandung bisa meningkat seiring masyarakat yang terbiasa memilah sampah.

 

“Emas mini itu sekitar Rp40 ribuan pun dapat. Jadi warga tinggal menabung sampah sekitar satu hingga dua bulan,” katanya.

 

Sementara itu, Wali Kota Bandung Oded M Danial mengatakan program itu diharapkan bisa meningkatkan semangat masyarakat dalam mengelola sampah.

 

Iapun mengapresiasi dan mendorong PD Kebersihan agar melakukan sosialisasi kepada masyarakat dan komponen lainnya.

 

“Bersinergi dengan komponen yang ada. Kalau bisa ajak dan kumpulkan semua komponen ini. Harus terjadi dengan proses natural,” kata Oded. (antara)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan