Fasilitas IBB-TV Sebagai Solusi Hemat Kuota Pembelajaran Jarak Jauh

BANDUNG – Integrated Broadcast Broadband-Television (IBB-TV) telah hadir untuk memberikan solusi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) hanya dengan menggunakan ponsel di tangan.

IBB-TV bisa dijadikan interface untuk komunikasi dua arah antara audien di mana pun berada dengan host televisi saat live. Inovasi ini berasal dari PT Daulat Digital Global (DDG), menggabungkan teknologi empat jenis media sehingga IBB-TV dapat beroperasi multiplatform berbasis satelit.

Manfaat dari IBB-TV dapat dinikmati siapa pun asal memiliki pesawat televisi. Dalam kanal TV Bandung 132, saat mengikuti pelajaran siswa dapat melakukan komunikasi dua arah langsung terhadap guru pengajar melalui QR (quick respon) Code yang ada di pojok layar televisi.

“Caranya pun sangat mudah, siswa cukup menempelkan smartphone miliknya pada QR-Code, maka akan diperoleh links untuk interaktif kepada host saat siaran tv berlangsung maupun siaran ulang,” ujar Jerry Ludiansyah, Pada Senin (25/1).

Bagi siswa lain yang hanya menonton, tidak harus ikut interaktif sehingga kuota internet terjaga, paling tidak melalui terobosan IBB-TV, pengggunaan IBB-TV bisa menghemat penggunaan kuota internet.

Dalam uji coba program PJJ di kanal TV Digital Bandung 132, kini sudah terpasang dekoder IBB-TV di 1.220 titik rumah siswa tidak mampu, kantor kelurahan, dan kantor kecamatan di Kota Bandung, sekaligus sebagai percontohan. (Mg.12)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan