oleh

Wali Kota Depok Donorkan Plasma Konvalesen untuk Bantu Sembuhkan Pasien COVID-19

DEPOK – Wali Kota Depok Provinsi Jawa barat Mohammad Idris melakukan donor plasma konvalesen untuk turut serta membantu mempercepat kesembuhan pasien COVID-19.

“Pencanangan pendonor plasma konvalesen merupakan salah satu ikhtiar untuk membantu masyarakat yang terkonfirmasi positif COVID-19 bisa segera sembuh,” kata Wali Kota Mohammad Idris di Depok, Senin (25/1) dilansir dari antaranews.

Idris pernah terpapar COVID-19 pada 25 November 2020 saat mengikuti kampanye pada Pilkada Depok 2020. Kemudian sudah dinyatakan sembuh pada 2 Desember 2020, berdasarkan hasil swab di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD).

Dikatakannya donor ini ikhtiar yang sudah dipelajari secara medis bahwa semua pihak harus mendukung pemerintah dalam hal ini.

“Sebenarnya ini donor biasa untuk orang yang membutuhkan darah kita, hanya karena darah kita sempat terinfeksi COVID-19, menurut medis selama masih ada antibodi dua sampai tiga bulan maka ia bisa mendonorkan darahnya untuk pasien COVID-19,” katanya.

Idris menjelaskan, pendonor yang bisa melakukan donor plasma konvalesen adalah mereka yang pernah positif COVID-19 terkecuali seorang ibu yang pernah melahirkan dan pernah hamil.

“Ibu yang telah melahirkan dan pernah hamil tidak bisa melakukan donor ini, terkecuali seorang gadis yang pernah positif COVID-19 maka ia bisa jadi pendonor,” jelasnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.