Warga Dusun Margamekar Jatinangor Kerja Bakti Bersihkan Lumpur Pasca Banjir

SUMEDANG – Diketahui sebelumnya, Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang sempat mengalami luapan air akibat curah hujan yang tinggi pada Kamis, (21/1) kemarin.

Terkait hal itu, warga Dusun Margamekar melakukan kerja bakti pasca luapan air di depan rumah makan Sanur RW 12 Desa Hegarmanah Kecamatan Jatinangor pada Jumat (22/1) yang dimulai sejak pukul 09.00 WIB.

Diketahui bahwa kegiatan tersebut dihadiri oleh Camat Jatinangor Harry Dewantara, Sekcam Jatinangor Yuli Handaka, Kapolsek Jatinangor Kompol Aan Supriatna, Danramil diwakili Babinsa dan Pawas Piket Polsek IPTU Ucu.

Selain itu, terlihat juga Kasi Trantib Kecamatan Jatinangor Endang Sukayat, Tim Kebersihan Dinas LH Kabupaten Sumedang serta Kades Hegarmanah Cucun Suryana.

Kemudian dalan kegiatan kerja bakti tersebut juga diramaikan oleh Perwakilan UPT Balai Benih Hortikultura, Bhabinkamtibmas Desa Hegermanah, Bhabinsa Desa Hegarmanah, Damkar Tanjungsari, Aparatur Pemerintahan Desa Hegarmanah dan Warga masyarakat Dusun Margamekar Desa Hegarmanah Kecamatan Jatinangor.

Pada kesempatannya, Camat Jatinangor Harry Dewantara menjelaskan bahwa yang menjadi kegiatan utama dalam kerja bakti pasca luapan air di Desa Hegarmanah Kecamatan Jatinangor pada Jumat, (22/1/21) adalah pembersihan sampah dan lumpur di lokasi saluran air dekat rumah makan Sanur.

“Pembersihan saluran air yang tersumbat oleh sampah dan pengerukan material tanah,” kata Harry di Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang.

Sementara tutur Harry, untuk kegiatan pengurasan air dilaksanakan menggunakan peralatan dari Unit Damkar Tanjungsari.

“Selanjutnya dilaksanakan pembersihan gorong-gorong tersumbat yang menjadi faktor penyebab terjadinya luapan air ke badan jalan,” imbuhnya.

Kegiatan kerja bhakti tersebut diketahui dipimpin langsung Forkopimcam Jatinangor dalam rangka mengantisipasi pasca terjadinya luapan air ke badan jalan pada saat turun hujan akibat saluran air yang tersumbat oleh sampah dan material tanah.

Kegiatan tersebut selesai pada pukul 11.00 WIB. Selama kegiatan berlangsung terlihat bahwa situasi berjalan lancar, aman dan kondusif.  (mg10)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan