Michael Umbas: Kapasitas, Loyalitas dan Integritas Komjen Listyo Tak Perlu Diragukan

JAKARTA – Komisi III DPR secara aklamasi telah menyetujui Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri untuk menggantikan Jenderal Idham Azis yang akan memasuki masa pensiun.

Atas keputusan itu, Ketua Umum Arus Bawah Jokowi (ABJ) Michael Umbas menilai Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai sosok pemersatu.

Persetujuan itu ditetapkan setelah Komjen Listyo menjalani uji kelayakan dan kepatutan di Komisi III DPR RI, Rabu (20/1) kemarin.

“Persetujuan Komisi III aklamasi calon kapolri menunjukkan Komjen Sigit dapat menyatukan fatsun-fatsun politik di DPR. Pandangan seluruh fraksi di DPR dengan bulat menyatakan dukungan kepada Komjen Sigit, tentu sangat positif dan layak diapresiasi,” ujar Umbas di Jakarta, Kamis (21/1), seperti dilansir dari JPNN.

Saat ini ada tiga partai yang tidak berada dalam pemerintahan, yaitu Partai Demokrat, Partai Keadilan Sejahtera dan Partai Amanat Nasional (PAN).   Meski demikian, ketiga partai lewat fraksinya di Komisi III DPR menyatakan dukungan atas calon Kapolri yang diajukan Presiden Jokowi.

“Partai nonkoalisi pun memberi persetujuan dan bahkan memuji berbagai prestasi capaian Komjen Sigit. Ini menandakan Presiden Jokowi memilih sosok tepat, dan semoga ke depan kebijakan pemerintah yang baik untuk rakyat pun didukung,” ucap Umbas.

Umbas lebih lanjut mengatakan, Komjen Sigit mempunyai kapasitas, kapabilitas, loyalitas dan integritas. Ia berharap ke depannya Polri akan semakin baik dan andal sebagai pengayom rakyat.

“Kapasitas, loyalitas dan integritas, tak perlu diragukan. Ada harapan baru Polri akan makin baik dan andal, totalitas sebagai pengayom rakyat menjadi kata kunci. Ini sangat relevan dengan gaya kepemimpinan Presiden Jokowi yang melayani,” ucapnya.

Umbas pun memuji konsep PRESISI sebagaimana disampaikan Komjen Sigit dalam fit and proper test. Presisi merupakan abreviasi dari Prediktif, Responsibilitas, Transparansi dan Berkeadilan. “Makalah Komjen Sigit berjudul ‘Transformasi Menuju Polri yang Presisi: Prediktif-Responsibilitas-Transparansi Berkeadilan’, sangat menarik. Konsep yang sistematis, visioner dan terukur. Selamat datang Polri Presisi, Selamat bertugas Jenderal,” kata Umbas.

Berdasarkan pandangan dan catatan fraksi, pimpinan dan anggota Komisi III secara mufakat menyetujui pemberhentian dengan hormat dari jabatan Kapolri atas nama Jenderal Idham Azis dan menyetujui pengangkatan Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan