oleh

Relawan MDMC Bantu Korban Longsor Desa Cihanjuang Kecamatan Cimanggung Kabupaten Sumedang

SUMEDANG – Seperti diketahui bahwa proses pencarian korban longsor di Dusun Bojongkondang Desa Cihanjuang Kecamatan Cimanggung, masih terus berlangsung hingga Sabtu, (16/1/21) sore ini.

 

Terkait hal itu tim pencarian harus bekerja ekstra untuk menemukan sejumlah korban yang diketahui masih tertimbun material tanah akibat longsor pada Sabtu, (9/1/21) lalu.

 

Tidak hanya dari kalangan pemerintah, pencarian pun terus dilakukan sejumlah relawan, salah satunya oleh Muhammadiyah Disaster Managemen Center (MDMC) Kabupaten Sumedang.

 

Sekretaris MDMC Kabupaten Sumedang, Maman Koswara mengatakan bahwa MDMC melayani pemetaan, evakuasi, medis, asesmen dan bantuan sosial lainnya.

 

Selain ikut kata Koswara, MDMC juga turut berkontribusi di bencana longsor Cimanggung. MDMC diketahui berkontribusi pada saat penanganan tanggap darurat bencana longsor Ciherang Kecamatan Sumedang Selatan lalu.

 

“Kami bekerja sama dengan Kodim menangani tanah longsor Ciherang sekitar 600 jumlah pengungsi. Kali ini korban lebih banyak lagi sekitar 13 yang sudah terkonfirmasi meninggal dan 27 dalam pencarian. Meskipun jumlah pengungsi sedikit, tapi MDMC hadir untuk membantu korban,” kata Koswara pada saat memaparkan kepada wartawan.

 

Tak hanya membantu saat kejadian bencana, MDMC juga akan membantu pemulihan ekonomi, pemulihan psikis anak anak korban bencana, dan trauma healling.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga