Pemerintahan Trump Lakukan Penipuan Penyediaan Vaksin?

“Jadi kami tidak lagi memiliki cadangan. Kami telah menyediakannya untuk dipesan negara-negara bagian,” ujar Azar.

Kebingungan atas pasokan vaksin yang dijanjikan kepada para gubernur –tetapi gagal terwujud– muncul ketika kekurangan yang tersebar muncul di garis depan kampanye imunisasi yang paling ambisius dan kompleks dalam sejarah AS. Kekurangan itu memicu satu sistem perawatan kesehatan besar di New York membatalkan pelaksanaan vaksinasi.

Berdasarkan laporan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), hanya 10,6 juta warga Amerika telah menerima suntikan sejak pemerintah federal memberikan persetujuan darurat untuk dua vaksin, yaitu dari Pfizer Inc dan BioNTech serta dari Moderna Inc.

Penghitungan itu jauh dari 20 juta vaksinasi pada akhir 2020 yang dijanjikan oleh pemerintahan Trump, sementara  pandemi COVID-19 menyebar hampir tak terkendali dengan rekor jumlah infeksi, rawat inap, dan kematian yang terus meningkat.

Di New York, kota terpadat di negara itu, Wali Kota Bill de Blasio mengatakan kota itu telah memvaksinasi sekitar 300 ribu orang dari lebih dari delapan juta penduduknya, tetapi pasokan vaksin akan segera habis minggu depan karena ketiadaan suplai. (Reuters)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan