Gading Seno

Ayah Poncowolo yang pendiam itu gemuruh hatinya. Sampai menjelma jadi raksasa sebesar tujuh gunung jadi satu.

Poncowolo sendiri hancur hatinya. Ia curhat ke Petruk, abdinya. Petruk cuek bebek. “Yang penting bukan Pergiwati yang memutus cinta,” ujar Petruk. “Begini saja. Curi saja pengantin wanitanya. Bawa lari,” nasihat Petruk.

Petruk lantas meyakinkan Poncowolo. “Itu, Bethara Krisna yang titisan Dewa Wishnu, dulu juga kawin lari,” ujar Petruk.

Saat bicara begitu Krisna diam-diam ada di belakangnya. Petruk tidak menyadari kehadiran Krisna. Petruk terus nerocos. “Krisna itu kan istrinya tiga. Tiga-tiganya hasil curian,” ujar Petruk. “Ayo, saya bantu mencuri Pergiwati,” tambahnya. Ia pun membalik badan, mau berangkat ke desa Madukara, tempat Arjuna memingit Pergiwati.

Dari lakon ini saya baru tahu kisah pertama Antasena bertemu ayahnya, Bimasena. Antasena adalah anak Bimasena dari istri yang anak Dewa ular. Karena itu kulit Antasena bersisik.

Dunia wayang seperti menggambarkan zaman ketika dunia masih di awal perkembangan manusia. Ada perkawinan antara ular dan manusia, kera dan manusia, kuda dan manusia.

Semua jenis makhluk hidup bersama. Saling bantu dan saling bunuh. Ada kera baik, ada manusia jahat.

Semua itu dibawakan Seno dengan humor dan spontanitas yang selera tinggi.

Memang, zaman modern bisa merusak. Akibat tuntutan pasar yang sering muncul adegan Bagong. Itulah adegan paling lucu. Dan Seno punya ”suara Bagong” yang disukai. Akibatnya, wayang Seno seperti dikuasai Bagong.

Menonton wayang Seno tidak bosan. Adegannya sering tidak bisa ditebak. Tidak seperti wayang lama. Yang sebelum nonton pun kita sudah tahu: tokoh siapa yang akan keluar pertama, kedua sampai di akhir lakon.

Lebih dari itu.

Dalang Seno Nugroho adalah “marketer of the year”.

Semua pertunjukan mati di zaman Covid ini. Tapi Seno justru berjaya.

Semua pertandingan olahraga bubar –di Indonesia. Tapi Seno bisa dapat order show 26 kali sebulan selama Covid –sebelum ia meninggal dunia.

Order itu sebenarnya 30 sebulan. Tapi Seno perlu istirahat. Ia kosongkan empat hari untuk tarik napas.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan