Harapan Novel Baswedan Terhadap Calon Kapolri Baru, Komjen Listyo Sigit

JAKARTA – Penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan berharap Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo menjadi sosok Kapolri yang berani dan antikorupsi.

“Semoga Komjen Listyo Sigit, calon tunggal Kapolri adalah pribadi yang berani dan antikorupsi,”ujar Novel dikutip dari akun twitternya @nazaqistsha, Jumat, (15/1).

Selain itu, Novel juga berharap agar Listyo beran melakukan perbaikan di tubuh Polri. Menurutnya, reformasi di tubuh Polri perlu dilakukan, mengingat banyak terjadi faksi-faksi di Korps Bhayangkara tersebut.

“Banyak faksi di Polri yang sarat kepentingan & saling menyandera, sehingga Pimpinan Polri tidak berani mereformasi Polri menjad institusi yang dipercaya.  Smoga Komjen Listyo Sigit, calon tunggal Kapolri adalah pribadi yang berani & antikorupsi, sehingga Pak Sigit berani perbaiki Polri,”tulisnya melalui twitter.

Menurut Novel, sosok Kapolri yang berani perlu ada di badan Kepolisian, agar Polri menjadi institusi yang dipercaya masyarakat. Karena itu, Novel berharap Komjen Listyo mampu melakukan perbaikan tersebut.

Harapan Novel sejalan dengan arahan Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin saat acara Seminar Sekolah Staf dan Pimpinan Tingkat Tinggi (Sespimti) Polri Pendidikan Reguler (Dikreg) ke-29, Oktober 2020, seperti dilansir dari Antara.

Saat itu, Ma’ruf mengatakan reformasi birokrasi di tubuh Polri harus menjadi prioritas agar Korps Bhayangkara menjadi lembaga yang professional, humanis, bebas dari praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN), serta meningkatkan kapasitas kelembagaan dan sumber daya manusia.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo telah mengajukan nama Kepala Bareskrim Polri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo sebagai calon Kapolri tunggal ke DPR RI, Rabu (13/1). Listyo akan menggantikan Jenderal Pol Idham Azis yang memasuki masa pensiun pada 1 Februari 2021. (bbs)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan