Berburu Jadwal Vaksin, Pejabat Dulu, Baru Masyarakat Umum

Dia menjelaskan, para calon penerima vaksin ini akan dilakukan vaksinasi setelah sebelumnya dilakukan screening kesehatan oleh tim dokter dari RSHS.

“Setelah dilakukan vaksinasi mereka akan diobservasi selama 30 menit dan jika tidak terjadi kejadian ikutan pasca pemberian imunisasi mereka akan diberikan kartu sebagai tanda bahwa mereka telah menerima vaksin,” jelasnya.

Zulvayanti mengungkapkan, RSHS telah menyiapkan tiga tim untuk melayani para penerima vaksin Covid-19. Ketiga tim tersebut, lanjut dia, bertugas untuk pendaftaran dan pelaporan, tim penyuntik vaksin, dan tim yang bersiaga apabila terjadi efek samping.

“RSHS sendiri kami telah menyiapkan tim untuk vaksinasi yang terdiri dari tim administrasi untuk tim pendaftaran dan pelaporan pencatatan, serta tim medisnya sendiri yang nanti akan bertugas menscreening serta memberikan vaksinasi dan tim yang siap sedia jika terjadi kejadian atau efek samping dari pemberian vaksin tersebut,” ungkapnya.

Dorongan untuk melakukan vaksin datang dari organisasi keumatan di Jabar seperti Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jabar, Nahdlatul Ulama (NU) Jabar, Muhammadiyah Jabar, dan Komisi Kepemudaan Keuskupan Bandung yang menyatakan bahwa siap mendukung vaksinasi Covid-19 di Jabar.

Hal tersebut diungkapkan dalam konferensi video terkait rencana vaksinasi, bersama organisasi profesi, tokoh agama, hingga masyarakat.

Ketua Komisi Fatwa MUI Jabar, KH. Badruzzaman mengatakan, selain berdoa kepada Allah SWT yang menciptakan penyakit, umat muslim juga perlu berusaha lahiriah.

“Yaitu mengikuti apa yang disarankan pihak yang kompeten di bidang kesehatan. MUI Jabar juga akan menyosialisasikan tentang vaksinasi, mulai provinsi hingga desa. Semoga (program vaksinasi) ini diridhoi,” kata Badruzzaman.

Sementara itu, KH. Abun Bunyamin, Pimpinan Pondok Pesantren Al-Muhajirin Purwakarta yang juga tokoh Nahdlatul Ulama (NU) menyampaikan bahwa vaksin diperlukan demi kemaslahatan umat. “Kami yakin apa yang dilakukan, vaksinasi, dibutuhkan masyarakat untuk kemaslahatan,” tandasnya. (mg1/drx)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan