Pedagang Pasar Atas Cimahi Sudah Mulai Transaksi dengan Sistem Cashless

CIMAHI – Sejumlah pedagang di Pasar Atas Kota Cimahi sudah mulai menggunakan sistem cashless atau nontunai untuk melakukan transaksi jual beli.

Kepala Dinas Perdagangan Koperasi UMKM dan Perindustrian (Disdagkoperin) Kota Cimahi, Dadan Darmawan mengatakan, kemajuan teknologi saat ini dalam sistem pembayaran telah menggantikan peranan uang tunai.

“Cepat, aman, nyaman, mudah, dan efisien dalam bertransaksi menjadi alasan penerimaan sistem pembayaran nontunai atau cashless ini,” Kata Dadan pada Rabu (13/1).

“Sekarang sudah ada e-commerce, bisa cashless juga. Ada pula bantuan dari BRI, pembeli bisa transaksi tanpa harus bertemu langsung dengan pedagang. Cukup membuka di web, kalau kita membeli sayuran atau buah-buahan apapun yang kita beli tinggal klik sesuai dengan kebutuhan konsumen. Setelah itu akan muncul pedagangnya melalui chat di whatsapp, dan pembeli dengan pedagang masih bisa melakukan tawar menawar harga,”ungkapnya.

Pembayaran nontunai juga masih bisa tawar menawar seperti transaksi tatap muka secara langsung. Jika sudah sepakat antara pedaganag dan pembeli, pembeli baru bisa mentransfer. Jika sudah ada uang transferannya, barangnya baru bisa dikirim dan cashless ini sudah menetap di Pasar Atas.

Diharapkan semua pasar yang ada di Kota Cimahi bisa menggunakan pembayaran nontunai agar tidak terlalu sering untuk kontak tangan antara pedagang dan pembeli. “Sudah diterapkan di Pasar Atas, tapi masih dalam pengembangan ke depan, mudah-mudahan bisa diterapkan di pasar,” ucapnya. (Mg. 12, Ira)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan