oleh

Gugatan Praperadilan Habib Rizieq Ditolak, Kamil Pasha: Apakah Peringatan Maulid Nabi Sebuah Tindakan Pidana?

JAKARTA – Hakim tunggal Akhmad Sahyuti menolak seluruh gugatan praperadilan Habib Rizieq Shihab dalam persidangan beragendakan pembacaan putusan di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan, Selasa (12/1).

Putusan atas permohonan praperadilan nomor perkara 150/pid.prap/2020/PN.JKT.SEL itu dibacakan oleh hakim tunggal Akhmad Sahyuti. Atas putusan tersebut, tim kuasa hukum dari Habib Rizieq, Kamil Pasha mempertanyakan kepada penyidik Polda Metro Jaya dan Jaksa Penuntut Umum (JPU) apakah tradisi peringatan Maulid Nabi sebagai tindakan kejahatan, dilansir dari JPNN.

“Putusan praperadilan tersebut akan menjadi preseden, apakah penyidik dan JPU akan menjadikan tradisi peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW sebagai sebuah tindak kejahatan yang dilarang oleh negara,” ungkap Kamil dalam keterangannya diterima JPNN.com, Selasa (12/1) sore.

Kamil melanjutkan, jika jawabannya iya, tentunya akan menjadi catatan sejarah.

Sebab, jika Indonesia yang notabene dikenal sebagai negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia menjadikan peringatan Maulid Nabi sebagai tindakan pidana yang dipersepsi sebagai tindakan kejahatan, persitiwa ini tentu akan menjadi catatan sejarah tersendiri.

“Jika iya tentunya akan menjadi catatan sejarah, bahwa di negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia, telah menjadikan tradisi peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW adalah salah satu bentuk peristiwa pidana yang dipersepsi sebagai sebuah tindak kejahatan,” katanya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.