Emil Sebut Titik Longsor Berada di Kemiringan Curam

SUMEDANG – Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengatakan, longsor di Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang berada di lokasi kemiringan yang cukup curam.

“Longsoran tebing setinggi 20 meter dan panjang 40 meter tersebut menimbun 14 unit rumah, serta menyebabkan puluhan warga meninggal dunia dan mengalami luka-luka,” ucap Ridwan Kamil di lokasi longsor, Sumedang, Minggu (10/1).

Gubernur yang akrab disapa Kang Emil ini menyampaikan, longsor terjadi dua kali. Pada kejadian pertama tertimbun delapan orang. Longsor kedua, korban mayoritas adalah para penolong longsor pertama, termasuk Pak Danramil (Cimanggung) yang menjadi korban.

“Selain Danramil Cimanggung Kapten Inf Setyo Pribadi, Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Sumedang Yedi dan Humas UAR (Potensi SAR) Cahyo Riyadi, menjadi korban saat melaksanakan tugas,” ucapnya.

Menurut Emil, BPBD Jabar, BPBD Kabupaten Sumedang, Basarnas, dan TNI/Polri, terus mencari korban longsor yang belum ditemukan. Ia berharap semua korban dapat segera ditemukan.

“Kami sedang bergerak menolong, semoga sehari dua hari selesai, karena areanya tidak terlalu sulit untuk dilakukan pertolongan. Mohon kerja samanya memberikan ruang kepada petugas untuk mengamankan dan secepatnya memberikan pertolongan,” ucapnya.

Emil pun meminta semua pihak untuk waspada bencana longsor susulan. Sebab, menurut laporan yang ia terima, masih terjadi retakan tanah di sekitar lokasi bencana.

“Ini menjadi peringatan, masyarakat dan pemerintah harus bekerja sama karena tidak semua lahan layak untuk ditinggali dan tidak bisa dipaksakan. Lahan ini sebenarnya memang rawan untuk ditinggali,” pungkasnya. (mg1)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan