Kendaraan Dinas Gubernur Pake Mobil Listrik Keluaran Hyundai, Klaimnya Lebih Efisien Biaya Operasional?

Selain itu, untuk teknologi penggunaan baterai memiliki bahan dasar Lithium Ion Polymer. Kapasitas baterai IONIQ Electric sebesar 38,3 kWh dan KONA Electric sebesar 39,2 kWh.

Teknologi baterai pada mobil elektrik sangatlah aman karena mempunyai 4 langkah pengamanan. Bagian luar menggunakan desain khusus dengan bentuk rigid cell architecture dengan bagian pemisah berlapis keramik yang mampu menahan benturan di bagian inti.

Dilengkapi dengan vehicle cooperative control yang langsung terhubung pada bagian motor listrik, sehingga sangat responsif apabila terjadi korsleting akibat tegangan tinggi.

Fitur active protection pada sistem manajemen baterai dapat mencegah hal yang tidak diinginkan pada saat pengisian daya, jika terdeteksi ada yang tidak sesuai pada baterai maka sistem ini langsung mematikan aliran listrik.

Regenerative brake system yang memungkinkan baterai dapat mengisi ulang secara mandiri dengan memanfaatkan daya kinetik saat terjadi pengereman. Penggunaan baterai yang tahan lama dengan garansi baterai selama 8 tahun atau 160.000 km, tergantung mana yang tercapai lebih dahulu.

Dari sisi performa baik IONIQ Electric dan KONA Electricsistem listrik dan elektronik bekerja secara harmonis. Mobil listrik pada dasarnya dapat diandalkan karena lebih cepat dan sederhana bila dibandingkan dengan mesin pembakaran konvensional.

IONIQ Electric dan KONA Electric sudah menggunakan button Shift by Wire yang memudahkan berpindah transmisi hanya dengan mengklik tombol.

Teknologi ini membuat daya listrik langsung disalurkan ke kedua roda melalui single speed reduction gear yang mengikuti pedal akselerator.

Dilengkapi dengan permanent-magnet synchronous magnet, memberikan torsi maksimal hingga 395Nm pada KONA Electric, serta membuat IONIQ Electric dapat melaju dari 0-100 km/jam hanya dalam 9,9 detik.

Mobillistri keluaran Hyundai itu diklaim lebih hemat 4X Dibanding Mobil Mesin Diesel dan Bensin. Bahkan masih kompetitif bila dibandingkan dengan mobil berjenis hybrid sekalipun.

Berdasarkan perhitungan biaya penggunaan listrik (R2-R3), IONIQ Electric dan KONA Electric mempunyai efisiensi listrik 0.138 kWh/Km dan 0.150 kWh/Km, mampu menempuh jarak sejauh 373 km dan 345 km.

Mobil Listrik juga ternyata Gratis Biaya Balik Nama (BBN) dan Bebas Ganjil-Genap, Biaya perpanjangan STNK lebih murah. Sehingga, memberikan keuntungan diluar hal teknis.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan