BHS-M Raih Suara Terbanyak

CIPANAS – Pasangan Herman Suherman-Tb Mulyana Syahrudin (BHS-M) dipastikan men­jadi peraih suara terbanyak dalam pemilihan bupati dan wakil bupati Cianjur tahun 2020. Meski rekapitulasi hasil penghitungan suara  tingkat kabupaten masih berjalan, raihan suara pasangan yang diusung sejumlah partai politik itu unggul jauh dari pasangan lainnya.

Paslon nomor urut tiga itu selanjutnya akan ditetapkan sebagai Bupati dan Wakil Bupati Cianjur oleh Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Cianjur setelah tak ada perselisihan atau sengketa yang maju ke Mahkamah Konstitusi.

Ketua KPU Cianjur Selly Nurdinah mengatakan, re­kapitulasi tingkat kabupaten dilakukan sebagai tahapan lanjutan setelah sebelumnya dilakukan ditingkat kecama­tan. Ada sejumlah data yang terkoreksi, namun bisa dis­elesaikan dan tidak sampai mempengaruhi perolehan suara pasangan calon.

“Terkoreksi di tingkat ka­bupaten sudah dibetulkan namun tidak mengubah hasil perolehan suara secara signifikan,” ujar Selly, saat ditemui disela rapat pleno terbuka penghitungan per­olahan suara pada pemili­han bupati dan wakil bupati Cianjut tahun 2020 di ball room Hotel Yasmin Cipanas, kemarin (15/12).

Selly mengatakan, KPU menargetkan pleno penghi­tungan selesai pada hari ini (kemarin). Ia mengatakan setelah pleno rekapitulasi maka KPU akan mengumum­kan hasil perolehan suara secara resmi sebelum mel­akukan penetapan calon.

“Setelah rapat pleno KPU akan mengumumkan terle­bih dahulu terkait hasil kepu­tusan penghitungan suara, lalu menunggu apakah ada keberatan atau tidak melalui register Mahkamah Konsti­tusi,” ujar Selly.

Sementara itu berdasarkan pantauan Cianjur Ekspres di lokasi rapat pleno, masing-masing PPK membacakan hasil rekapitulasi penghi­tungan perolehan suara di tingkat kecamatan. Sete­lah selesai dibacakan, KPU memberikan kesempatan kepada saksi paslon dan Bawaslu untuk mngeoreksi hasil.

Secara umum, pelaksanaan rapat pleno penghitungan suara tersebut berjalan den­gan lancar, meski ada be­berapa koreksi baik dari saksi pasangan calon maupun dari Bawaslu. Hingga pukul 21.00 Wib, rapat pleno masih terus berjalan menyisakan beberapa PPK yang belum menyampaikan hasil.

Berdasarkan pantauan dari website realcount KPU hing­ga sore ini data suara masuk sudah mencapai angka 94,97 persen.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan