BULOG Luncurkan Beras dari Singkong

BANDUNG – Salah satu inovasi Perum BULOG, produk barunya berupa Beras Singkong dengan merek BESITA baru saja dilaunching.

Besita yang memiliki kepanjangam Beras Singkong Petani merupakan upaya mempromotori dan memfasilitasi pemasaran produk dan hasil olahan singkong petani.

“Ini juga dalam rangka membangkitkan upaya diversifikasi pangan nasional,”ucap Buwas kepada wartawan di Bandung, Selasa, (14/13).

Dia mengatakan, potensi Indonesia yang kaya akan produksi singkong harus dimanfaatkan sebagai upaya pemerintah untuk mensukseskan program diversifikasi pangan.

Selama ini Indonesia masih sangat ketergantungan terhadap beras dan dapat memicu permasalahan ketahanan pangan nasional.

“Produksi lahan singkong Indonesia adalah salah satu yang terbesar di dunia dan sangat melimpah di tanah nusantara sehingga membutuhkan suatu gagasan untuk menciptakan alternatif pangan diluar beras. Maka kami melalui kerjasama dengan berbagai pihak telah memulai pengembangan singkong,’’ kata Budi Waseso.

Mantan Kepala BNN itu menambahkan Indonesia memiliki potensi singkong yang sangat besar sekitar 85% dari luas singkong dunia yang tersebar di Sumatera, Maluku, Sulawesi, Papua termasuk Jawa dan dengan tingkat produktivitas yang sangat tinggi.

Untuk itu Perum BULOG memposisikan diri sebagai promotor dan fasilitator produk dan hasil olahan singkong untuk mendukung program diversifikasi pangan agar terwujudnya ketahanan pangan.

“Kami yakin singkong dapat menjadi alternatif pangan yang menjanjikan dan dapat menjadi kunci ketahanan pangan kedepannya,”pungkas Budi. (yan).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan