Mendagri Klaim Pesta Demokrasi Patuhi Prokes

JAKARTA – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah menyukseskan pelaksanaan pemungutan suara Pilkada Serentak yang digelar pada Rabu, 9 Desember 2020 kemarin. Karena dapat berjalan lancar dan mematuhi protokol kesehatan.

“Terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada semua pihak atas tahapan pemungutan suara yang alhamdulillah kemarin berjalan lancar dan aman,” kata Tito dalam keterangannya, Kamis (10/12).

Tito menuturkan, kesuksesan penyelenggaraan pemungutan suara pada Pilkada Serentak 2020 merupakan hasil koordinasi dan kerja bersama dari seluruh pihak, mulai dari jajaran KPU, Bawaslu, DKPP, Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah, aparat keamanan TNI-Polri, termasuk masyarakat pemilih.

’’Kesuksesan ini merupakan berkat sinergi dan kerja sama dari seluruh pihak yang selalu mengikuti dan memonitor tahapan demi tahapan dalam Pilkada kali ini,’’ imbuh mantan Kapolri tersebut.

Tito menegaskan, pelaksanaan Pilkada harus sukses dari dua hal, yaitu aman dari gangguan konvensional, seperti tindakan anarkis, konflik, serta aman dari penularan Covid-19. Karena, selalu mewanti-wanti agar seluruh pihak bisa menaati protokol kesehatan yang telah dibuat oleh pihak penyelenggara.

Tito pun mengklaim, berdasarkan pemantauan dan evaluasi oleh berbagai pihak, penerapan protokol kesehatan pada tahap pemungutan suara dinilai cukup baik.

Secara khusus, Satgas Penanganan Covid-19 memberikan penilaian, cukup tinggi, yaitu rata-rata pada angka 89 persen sampai dengan 96 persen.

’’Kita melihat masyarakat cukup disiplin terhadap penerapan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan,’’ ucap Tito.

Kendati demikian, dia berpesan bahwa tahapan Pilkada belum selesai, karena masih ada tahapan berikutnya, yakni rekapitulasi hasil penghitungan suara hingga penetapan pasangan calon terpilih.

Untuk itu, Tito mengimbau agar seluruh potensi permasalahan harus terus diantisipasi dan protokol kesehatan tetap harus dijalankan. (jpc/drx)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan