oleh

Apa Sih, Keistimewaan Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat?

BANDUNG – Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat terletak di Jalan Dipati Ukur No. 48, Kota Bandung. Lokasinya berhadapan dengan Gedung Sate dan di depan Kampus Universitas Padjadjaran (Unpad), Kota Bandung.

Monumen berdiri di atas tanah seluas ± 72.040 m² dan luas bangunan ± 2.143 m, dengan model bangunannya, berbentuk bambu runcing yang dipadukan dengan gaya arsitektur modern. Itu merupakan simbol perjuangan dan kemerdekaan Indonesia.

Baca Juga:  Merasa Bersih dari Covid-19, Korut Buat Propaganda Vaksin itu Mematikan

Tepat di bawah Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat ini, terletak sebuah museum yang secara detail menceritakan berbagai peristiwa penting perjuangan rakyat Jawa Barat melawan penjajahan dan pemberontakan.

Museum Monumen Perjuangan Rakyat (MONPERA) Jawa Barat ini juga menampilkan sejarah asal mula Bandung.

“Disini banyak artefak-artefak yang mencerminkan perjuangan rakyat Jawa Barat. Ada senjata-senjata keris, golok, kujang dan senjata rampasan dari penjajah,”ucap Joni Kalimanjaya, pemandu senior Museum Monumen Perjuangan Rakyat (Monpera) Jawa Barat kepada RRI saat berkunjung ke museum, Kamis,(26/11).

Baca Juga:  Admin Akun Medsos Jakmania Jadi Tersangka Kasus Kerumunan Suporter

Selain berbagai senjata maupun artefak peninggalan masa penjajahan, di dalam museum juga ditampilkan sejarah berdirinya Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Ketika masuk dari pintu utama dan menuruni tangga, terlihat sederetan manikin (boneka manusia), yang memakai seragam militer tentara Jepang, Belanda hingga tentara Indonesia pada masa perjuangan.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga