Pasar Tumpah Picu Kerumunan Massa

PAMULIHAN – Anggota Koramil Tanjungsari, Polsek Pamulihan, Satpol PP Keca­matan Pamulihan, dan Satpol PP Kabupaten Sumedang melakukan patroli gabungan di Dusun Babakanloa Desa Citali dan Dusun Cilengsar Desa Cigendel, Minggu (22/11) lalu.

Hal tersebut merupakan upaya memastikan tidak ada­nya aktivitas di pasar tumpah tol Cisumdawu.

Kapolsek Pamulihan Iptu Ahmad Sahidin mengung­kapkan, adanya aktivitas pa­sar tumpah memicu adanya kerumunan massa yang dik­hawatirkan menjadi klaster baru penyebaran virus co­rona.

“Sebelumnya, kami telah melakukan koordinasi deng­an pengelola pasar tumpah Citali agar sementara waktu tidak ada aktivitas pasar se­belum kondisi benar-benar aman,” ujar Kapolsek kepada Sumeks, Senin (23/11).

Lokasi pasar tumpah yang biasa ramai setiap Minggu oleh pengunjung dan peda­gang, sementara sepi. Tidak ada aktivitas, baik pengunjung maupun pedagang.

Ditegaskan, bukan tidak boleh berjualan, namun ka­rena situasi pandemi covid, otomatis semua harus selalu waspada. Apalagi sekarang memasuki masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB).

”Untuk menghindari keru­munan, harus menerapkan protokol kesehatan (Prokes) dengan 4M yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan menghin­dari kerumunan,” tandas­nya.

Dia meminta kepada peng­elola, masyarakat, dan peda­gang agar tidak berasumsi bahwa pasar tumpah diwi­layah lain dibuka, sementara disini ditutup.

“Mungkin diwilayah lain belum ada tindakan. Sehing­ga, jangan salah sangka ter­lebih dahulu,” tutupnya. (cr1)

Tinggalkan Balasan