Ruang Isolasi Pasien COVID-19 di Rumah Sakit Kota Cirebon Penuh

CIREBON – Ruang isolasi khusus pasien Covid-19 di rumah sakit yang berada di Kota Cirebon, Jawa Barat, saat ini semua terisi penuh. Sebelumnya pemerintah sudah meningkatkan kapasitasnya.

”Rumah sakit yang ada di Kota Cirebon untuk pasien Covid-19 saat ini semuanya penuh,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Cirebon Eddy Sugiharto seperti dilansir dari Antara di Kota Cirebon, Senin (23/11).

Menurut dia, semua rumah sakit di Kota Cirebon telah meningkatkan kapasitas ruang isolasi bagi pasien Covid-19 dengan gejala. Namun, per Senin (23/11) semua sudah penuh.

Eddy Sugiharto menjelaskan, ketika ada pasien Covid-19 dengan gejala, sudah bisa diterima di rumah sakit mana pun. Karena itu, pihaknya akan mendesak ada rumah sakit yang dikhususkan bagi pasien Covid-19. ”Per hari ini (23/11) tidak ada fasilitas kesehatan yang bisa menampung untuk pasien positif dengan gejala, karena semua sudah penuh,” terang Eddy.

Eddy melanjutkan rata-rata rumah sakit di Kota Cirebon telah meningkatkan kapasitas tempat isolasinya. Akan tetapi saat ini sudah terisi penuh. Seperti di Rumah Sakit Tentara Ciremai yang meningkatkan kapasitas tiga kali lipat. Saat ini berkapasitas 74 tempat tidur semua sudah terisi. Begitu juga di RSD Gunung Jati, RS Sumber Waras, dan lainnya.

”Rata-rata peningkatan kapasitas sudah mencapai tiga kali lipat,” tutur Eddy Sugiharto.

Selain rumah sakit, tempat isolasi terpusat yang disediakan Pemkot Cirebon untuk orang tanpa gejala (OTG) juga sudah penuh. ”Yang di hotel itu semua penuh, saat ini perlu gerak cepat untuk menambah kapasitas kembali,” papar Eddy Sugiharto.

Warga Kota Cirebon yang terpapar virus korona baru saat ini totalnya berjumlah 864 orang dengan perincian 443 menjalani isolasi serta perawatan, 373 sembuh, dan 48 meninggal dunia. (ant./ris)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan