Komisi VI DPRD Jabar Minta, Pemprov Harus Beri Perhatian Bandara Kertajati yang Sepi

BANDUNG – Anggota komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Barat (Jabar), Mochamad Ichsan Maoludin meminta Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil untuk fokus mengembangkan Bandara Internasional Kertajati yang saat ini posisinya masih banyak memiliki masalah.

“Harapannya bisa meningkatkan perekonomian di wilayah utara Jawa Barat, karena mendapat dukungan penuh dari pemerintah pusat,” kata Ichsan di Bandung, Sabtu (22/11).

Menurut M Ichsan, bandara Kertajati ini sejak zaman Gubernur Ahmad Heryawan (Aher) telah mengeluarkan biaya yang luar biasa besar.

“Yang terjadi sekarang adalah bagaimana agar itu menjadi concern lagi karena jangan sampai kita menggarap bandara-bandara yang tumbuh menjadi usulan-usulan seperti di daerah Karawang,” hematnya.

Kendati begitu, dirinya mendorong untuk tetap fokus pada rencana yang sifatnya gradual. “Yang menjadi masalah saat ini adalah pembebasan lahan, akses menuju ke bandara kertajati itu,” sarannya.

“Pekerjaan rumah Pemprov Jabar ini juga harus didorong dari pemerintah pusat dimana pembebasan lahan untuk akses jalan tol Cisumdawu sampai ke BIJB Kertajati bisa terselesaikan,” imbuhnya.

Legislator asal Kabupaten Bogor ini pun memastikan, ketika akses menuju Kertajati sudah mudah dan bandaranya aktif, maka hal tersebut akan menjadi PAD tersendiri bagi Jawa Barat.

“Sebelum pandemi Covid-19 ini sudah ada rencana pemberangkatan haji embarkasi Jawa Barat akan melalui Kertajati, tidak melalui halim atau Soekarno Hatta,” terangnya.

Lebih lanjut, dirinya pun berharap agar semua elemen yang berkaitan dapat mendukung penuh pengembangan bandara Kertajati termasuk pemerintah pusat.

“Yang memiliki kebijakan nasional juga turut mengarah agar aset-aset di Jawa Barat bisa terkelola dengan baik,” pungkasnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan