oleh

WHO Tegaskan Vaksin Bukan Solusi Pamungkas Atasi pandemi Covid-19

JAKARTA – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menegaskan vaksin seharusnya tidak dipandang sebagai solusi pamungkas menangani pandemi Covid-19.

Direktur kedaruratan WHO Michael Ryan mengatakan, vaksin tidak akan tiba pada waktunya buat menanggulangi gelombang kedua pandemi.

Kendati belakangan vaksin buatan perusahaan farmasi sudah menjanjikan, menurut Ryan banyak negara bakal mengalami gelombang kedua dan akan menjalaninya tanpa vaksin.

“Kita perlu mengerti dan menginternalisasinya, serta menyadari: Kita harus mendaki gunung kali ini, tanpa vaksin,” kata Ryan seperti dikutip dari AFP, Kamis (19/11).

Baca Juga:  Ekonomi Krisis, THR ASN Bakal Dikurangi

Pfizer mengatakan, telah menyelesaikan pengembangan vaksin yang menghasilkan tingkat efektivitas 95 persen melawan Covid-19. Selain itu Moderna pada awal pekan juga menyebut kandidat vaksin mereka efektif 94,5 persen, sementara vaksin buatan Rusia diklaim efektif 90 persen.

Ryan mengatakan agar tidak mengendurkan kewaspadaan pada virus corona karena keyakinan yang keliru bahwa vaksin akan menyelesaikan masalah.

“Beberapa orang berpikir vaksin akan, dalam arti tertentu, menjadi solusi, sebuah unicorn yang kita semua kejar. Tidak seperti itu,” katanya.

Baca Juga:  Dinkes KBB Fokus Tingkatkan Kualitas SDM Lewat Bimtek

“Jika kita memiliki vaksin dan melupakan hal lainnya, Covid tidak akan menjadi nol,” imbuhnya.

Sejak Covid-19 menyebar ke seluruh dunia dari China pada akhir Desember 2019, jumlah kasus infeksi melibatkan 55,6 juta orang. Jumlah korban karena virus corona ini menyentuh 1,3 juta orang.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga