Korona Terus Meningkat, Paling Banyak Penambahan di Cikarang Selatan

CIKARANG – Penyebaran Co­vid-19 di Kabupaten Bekasi masih mengalami peningkatan hingga Rabu (11/11/2020). Berdasarkan data realtime yang disajikan web­site resmi pikokabsi.bekasikab.go.id per hari ini pukul 11.00 WIB, total kasus Covid-19 di Ka­bupaten Bekasi mencapai 4.897 orang dimana ada penambahan sebanyak 11 orang disbanding sehari sebelumnya.

Meski demikian, jumlah mereka yang sembuh juga mengalami peningkatan, yakni meningkat 19 orang menjadi total 4.646 orang.

Sementara 113 lainnya masih dirawat di rumah sakit, 60 men­jalani isolasi mandiri, dan 78 meninggal dunia. Adapun ka­sus suspek bertambah 31 orang menjadi 8.482 dimana 149 masih dalam pengawasan. Kemudian, kasus probable berjumlah 114 orang dengan rincian 47 menin­ggal, 57 sembuh, dan 10 masih dalam pengawasan.

Dilihat dari sebarannya, wilayah yang paling banyak penambahan kasus positif adalah Kecamatan Cikarang Selatan 36 kasus, Tam­bun Selatan sebanyak 33 kasus, dan Cikarang Utara 26 kasus.

Sebelumnya Pemkab Bekasi memutuskan membatalkan rencana penggunaan hotel bintang tiga untuk fasilitas isolasi terpusat pasien Covid-19 dengan gejala ringan dan tanpa gejala karena kasus infeksi virus corona di wilayahnya sudah menu­run.

“Sebenarnya sejak Okto­ber sudah direncanakan, namun melihat penu­runan kasus aktif yang ter­konfirmasi maupun kontak erat akhirnya penggunaan hotel sebagai tempat iso­lasi tidak jadi dilakukan,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penan­ganan Covid-19 Kabupaten Bekasi Alamsyah.

Dia mengatakan, dalam dua pekan terakhir angka kasus aktif Covid-19 di Ka­bupaten Bekasi menurun sehingga akhir pekan ke­marin wilayah Kabupaten Bekasi berhasil keluar dari zona merah.

“Hotel tidak jadi digunak­an karena memang orang yang dikarantina sudah bisa ditampung kembali di Bapelkes dan Wisma Presi­dent University Jababeka, yang sempat penuh akibat ledakan kasus klaster in­dustri bulan lalu,” katanya.

Alamsyah menjelaskan, rencana penyediaan 300 tempat tidur di dua ho­tel berbintang di wilayah Cikarang merupakan ba­gian dari upaya pemerin­tah daerah menyediakan alternatif fasilitas isola­si jika fasilitas karantina yang tersedia sudah penuh mengingat sebulan lalu ka­sus Covid-19 di Kabupaten Bekasi masih tergolong tinggi. (mil/red)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan