Limbah Rumah Tangga Masih Cermari Sungai di Cimahi

CIMAHI – Kebiasaan buruk masyarakat dengan buang limbah domestik sembarangan bisa memperburuk kualitas sungai di Kota Cimahi. Seperti yang terjadi di Kelurahan Padasuka, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi.

Aliran Sungai Cisangkan yang melewati RW 03, 18, 19 dan 08 Kelurahan Padasuka, kemudian bermuara di Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum itu selama ini tercemar limbah domestik sehingga kualitasnya kurang bagus.

“Iya memang kualitasnya jadi kurang bagus, akibat limbah domestik. Bukan dari industri, karena di sini gak ada industri,” ungkap Lurah Padasuka, Ajat Sudrajat saat dihubungi, Senin (9/11).

Sebagai salah satu upaya untuk memperbaiki kualitas air sungai yang ada di wilayahnya, pihak kelurahan setempat menginisiasi warga untuk membersihkan aliran sungai yang ada di wilayahnya pada Minggu (8/11) pagi.

Ada berbagai tujuan dari giat padat karya yang dihadiri Wali Kota Cimahi, Ajay Muhammad Priatna dan diikuti sekitar 2.960 warga tersebut. Selain untuk membersihkan sungai sebagai antisipasi banjir, kegiatan ini juga diharapkan bisa menjadi edukasi bagi warga agar tidak buang limbah domestik sembarangan.

“Iya kita harapannya warga semakin mengerti bahwa kebiasaan buang sampah, buang limbah domestik ke sungai dampaknya seperti ini. Sungai jadi tercemar,” beber Ajat.

Menurut Ajay, selain kesadaran, prilaku buang limbah domestik warga ke aliran sungai disebabkan kurangnya septic tank komunal. “Kalau ada sepitc tank komunal kan harusnya limbah domestiknya masuk ke sana, gak ke sungai. Tapi kan belum seluruhnya. Akhirnya masyarakat pasti buangnya ke sungai sehingga airnya kotor,” jelasnya.

Ajat melanjutkan, kegiatan padat karya melalui gotong royong seperti ini rencananya akan rutin dilakukan, untuk menumbuhkan Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di kalangan masyarakat.

“Mudah-mudahan dengan kebiasaan ini kualitas sungai juga membaik. Warga lebih sadar lagi tentang PHBS,” imbuhnya.

Sebelumnya, berdasarkan data Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cimahi, kualitas air sungai di Kota Cimahi masih masuk kategori marginal atau agak buruk dengan skor 45,35.

Salah satu penyebab yang membuat kualitas air sungai di Kota Cimahi butuh perbaikan adalah pencemaran dari limbah domestik. Selain tentunya ada penyebab lainnya, seperti limbah industri.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan