oleh

UMKM Paling Depan Dihantam Wabah

BANDUNG – Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM), Rully Indrawan menyebut, jika wilayah Jawa Barat (Jabar) merupakan daerah pertama yang terhantam krisis ekonomi di tengah wabah virus korona.

Dia menjelaskan, posisi Jabar sangat strategis dalam pertumbuhan ekonomi nasional. Oleh karena itu, dalam gejolak krisis ekonomi Jabar yang paling dulu terhantam dibanding wilayah lain.

“Kita tahu kemarin pada kuartal ke dua, kita lebih dalam daripada kontraksi yang terjadi di nasional. Saya harap di kuartal ke tiga ini Jabar paling tidak mendekati nasional dan tidak terlalu dalam,” kata Rully saat ditemui wartawan di Bandung, Rabu (30/9).

Baca Juga:  Tak Mau Kecolongan Data Kasus Covid, Komisi IV DPRD Jawa Barat Terus Lakukan Pemantauan

Menurutnya, hal tersebut berimplikasi dengan lapangan pekerjaan, angka kemiskinan, dan daya beli masyarakat.

Atas dasar itu, Kemenkop UKM akan lebih konsen terhadap kebijakan-kebijakan yang berpihak pada daerah-daerah dengan tingkat populasinya yang tinggi. “Itu mendapatkan prioritas, karena imbasnya sangat kuat terhadap kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Kendati demikian, Kemenkop UKM telah membuat konsep dan strategi dalam menghadapi resesi tersebut dengan tidak menyampaikan statmen atau narasi-narasi ke publik yang dapat menimbulkan keresahan.

Baca Juga:  Objek Wisata di KBB Sudah Diperbolehkan Beroperasi

Menurutnya, skema yang telah disiapkan Kemenkop UKM dapat menunjang kebijakan-kebijakan yang dapat membantu pelaku UMKM.

Baca Juga


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Baca Juga