Penetrasi PEN, bank bjb Salurkan KUR kepada Petani di Indramayu

INDRAMAYU – bank bjb merealisasikan penyaluran bantuan permodalan dalam bentuk Kredit Usaha Rakyat (KUR) kepada para petani binaan CV Mutiara Bumi di Kabupaten Indramayu. Penyaluran KUR dilaksanakan bertempat di Desa Sanca, Kecamatan Gantar, Kabupaten Indramayu pada Senin (28/9/2020).

Realisasi kemitraan pembiayaan KUR ini diserahkan kepada 20 petani dan dihadiri langsung oleh Direktur CV Mutiara Bumi Hesti Yuliastanti, Pemimpin bank bjb Kantor Cabang (KC) Patrol Yatni Rohayati serta perwakilan dari Divisi Kredit UMKM dan Kantor Regional 3 bank bjb.

Pemimpin Divisi Kredit Corporate Secretary bank bjb Widi Hartoto mengatakan kerja sama ini merupakan salah satu wujud komitmen bank bjb dalam mendorong peningkatan kesejahteraan petani dan ketahanan pangan Indonesia. Sebelumnya, bank bjb juga telah menjalin kerja sama dengan sejumlah institusi bisnis yang memiliki komitmen memajukan usaha petani atau peternak lewat pembiayaan dengan pola kemitraan.

“Kerja sama ini mempertegas komitmen bank bjb dalam upaya mendorong peningkatan kesejahteraan para petani Indonesia. Seiring dengan itu, penyaluran pembiayaan ini juga merupakan bagian dari upaya bank bjb dalam mendukung program pemerintah dalam bidang ketahanan pangan serta program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN),” kata Widi.

Pembiayaan pola kemitraan bank bjb dikembangkan dalam rangka meningkatkan layanan kemudahan pembiayaan bagi pelaku UMKM yang tergabung dengan institusi bisnis agar mereka dapat terus berkembang. CV Mutiara Bumi sendiri merupakan perusahaan yang bergerak sebagai distributor serta produsen produk pertanian seperti benih, pupuk, dan agrokimia.

Kerja sama ini akan sangat membantu petani meningkatkan skala produksi mereka di mana saat ini rata-rata setiap petani dapat menggarap areal seluas 3 hektar, dengan luasan areal pertanian sekitar 4000 hektar di Kecamatan Gantar. Para petani penerima pembiayaan juga langsung melakukan download aplikasi bjb DIGI sehingga yang dapat digunakan untuk menunjang kemudahan dalam bertransaksi.

Kerja sama antara bank bjb dengan CV Mutiara Bumi bertujuan untuk meningkatkan skala usaha petani dengan metoda kemitraan dari hulu hingga hilir, berupa dukungan dari awal masa tanam hingga penyerapan hasil panen, serta jaminan pengembalian modal atas gagal panen dan serangan hama. (rls)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan