Rayakan Hari Jadi Ke-210 Kota Bandung, Grab Ajak UMKM Lokal Berdigitalisasi Lewat Program Spesial “BRAGA”

5 Rangkaian Program Bandung Raoseun Ala Grab (BRAGA):

1) Bandung Raoseun Belanja

  • Menyelenggarakan online bazaar GrabExpress dengan tema “Bandung Great Sale Ala Grab”. Memberikan ruang kepada lebih dari 300 social sellers asal Bandung, serta meningkatkan pendapatan mitra pengemudi melalui jasa pengantaran layanan GrabExpress.
  • Mendukung program pemerintah daerah: Dekranasda dan Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Bandung menyelenggarakan Pasar Kreatif Bandung 2020 di sembilan mal besar di Bandung mulai 4 September – 25 Oktober 2020
  • Bekerja sama dengan pemerintah daerah: bersama Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Jawa Barat menghadirkan Program Gelar Pangan Murah dengan GrabExpress untuk menjaga kestabilan harga bahan pangan di pasaran. Program ini akan berjalan pada September – Desember 2020.

2) Bandung Raoseun di Lidah

  • Layanan GrabFood dan GrabMart: Grab mengajak masyarakat Bandung untuk mencicipi beragam menu masakan dari mitra merchant terbaik di Bandung yang terdapat di dalam aplikasi Grab.

3) Bandung Raoseun di Jalan

  • Menghadirkan layanan GrabProtect: armada khusus pertama di Indonesia yang memberikan perlindungan tambahan bagi mitra pengemudi dan pelanggan berupa partisi dari plastik tebal untuk keamanan perjalanan dalam armada GrabCar dan GrabBike. Untuk menjalankan protokol kesehatan, mitra pengemudi Grab diberikan masker dan hand sanitizer selama menjalankan tugasnya. Selain itu, Grab juga akan mengecek suhu mitra pengemudi sekaligus menyemprot cairan disinfektan pada kendaraan yang digunakan oleh para mitra.

4) Bandung Raoseun di Hati

  • Sepanjang September 2020, Grab mengajak masyarakat untuk membuat kisah unik dan paling tak terlupakan tentang Kota Bandung. Aktivitas ini juga mengajak para wisatawan untuk mengunjungi tempat-tempat bersejarah dan museum yang ada di Kota Bandung.

5) Bandung Raoseun buat Usaha

  • Digitalisasi UMKM: Grab bekerja sama dengan Pemerintah Daerah melalui Dekranasda Kota Bandung guna meningkatkan kapasitas dan daya saing istri mitra Grab dan UKM binaan Dekranasda Kota Bandung. Akan dilakukan pendataan dan pemilihan pengrajin dari para Istri Mitra Grab yang menjadi mitra pengrajin serta UKM binaan Dekranasda Kota Bandung. Para pelaku usaha terpilih juga akan diberikan pelatihan bisnis pemasaran, kurasi produk, serta dibantu pemasaran produk-produknya dalam ekosistem digital yang dimiliki oleh Grab.
  • Pelatihan Virtual untuk UMKM: Grab dan Dekranasda Kota Bandung menyelenggarakan webinar pada 25 September 2020, pukul 14.00 – 17.00 WIB dengan menghadirkan para pembicara andal di bidangnya, seperti Hj. Siti Muntamah, S.AP (Ketua Dekranasda Kota Bandung), Adhitya Citra (Pemilik Usaha Ayam Geprek GG), Dina Dellyana (Direktur Inkubator Bisnis SBM ITB/LPIK), dan Inteun Wulansari (Pemilik Usaha Proudly Shoes). Webinar juga dibuka oleh Richard Aditya, Head of West Indonesia, Grab Indonesia dan ditutup oleh H. Oded Danial, S.Ap, Wali Kota Bandung. Webinar ini menyasar dua kalangan sebagai berikut:
    • Pelaku UMKM di Bandung yang masih menjalankan bisnisnya secara konvensional agar mempercepat proses digitalisasi. Mereka juga akan diberikan informasi mengenai langkah-langkah untuk bergabung menjadi mitra merchant dalam ekosistem Grab.
    • Istri dari mitra pengemudi Grab untuk membuka peluang mereka menjadi reseller atau dropshipper dari produk-produk dari UMKM hasil binaan Dekranasda Kota Bandung.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan