oleh

Peralihan Musim, Waspadai Bencana

NGAMPRAH – Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna, memerintahkan jajaran kepala desa dan camat untuk melakukan kerja bakti membersihkan saluran drainase menjelang musim hujan.

Hal tersebut setelah terjadinya banjir di ruas Jalan Cihanjuang, perbatasan KBB dan Kota Cimahi beberapa hari lalu. Akibat banjir tersebut, pengendara yang melintas sempat terseret arus hingga motornya masuk ke kolong angkot.

Tak hanya itu pada Minggu (27/9) sore, ruas Jalan Panorama di depan Pasar Panorama Lembang, juga digenangi air setinggi 50 cm yang meluap dari drainase akibat tersumbat sampah.

Baca Juga:  Duel Sentimental Antara Persib vs PSS Sleman

“Untuk banjir di wilayah itu coba dibereskan dulu oleh kepala desa dan camat karena kan mereka yang punya wilayahnya. Dirutinkan lagi kerja bakti dengan warganya,” ungkap Umbara, Senin (28/9).

Selain itu ia juga meminta agar warga tidak membuang sampah sembarangan apalagi ke saluran air. Hal tersebut akhirnya bisa menyumbat laju air saat hujan hingga memicu banjir.

“Kan ini juga karena masyarakat yang seenaknya membuang sampah, padahal sudah tahu itu saluran air. Akhirnya menyumbat dan banjir, tapi menyalahkan yang lain,” katanya.

Baca Juga:  Hari Kartini, 28 Perempuan Luncurkan Buku Kebaya

Sementara itu BMKG meminta masyarakat di Jawa Barat mewaspadai potensi bencana hidrometeorologi serta penyakit yang bisa timbul pada masa peralihan musim dari kemarau ke musim penghujan.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga