Musim Hujan, Warga Garut Diimbau Waspada

GARUT – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut menyatakan saat ini sebagian besar wilayahnya mulai memasuki musim hujan. Dalam sepekan terakhir, sebagian wilayah di Kabupaten Garut mulai mengalami hujan dengan intensitas sedang.

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan pada BPBD Kabupaten Garut, Tubagus Agus Sofyan mengatakan, pihaknya telah mendapat surat dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), bahwa Kabupaten Garut telah memasuki musim penghujan. Diperkirakan, musim hujan kali ini akan terjadi hingga Februari 2021.

”Memang seminggu terakhir sudah ada hujan dengan intensitas sedang, tapi belum ada laporan kejadian bencana sepekan ini,” ujarnya, Minggu (27/9).

Berbekal surat pemberitahuan dari BMKG, BPBD Kabupaten Garut akan segera membuat surat pemberitahuan kepada setiap camat agar lebih waspada dalam menghadapi musim hujan. Sebab, wilayah Kabupaten Garut memiliki potensi bencana banjir dan longsor saat musim hujan datang.

Tubagus menyebutkan, wilayah yang memiliki potensi kejadian longsor mayoritas terdapat di wilayah selatan Kabupaten Garut, seperti Pakenjeng, Banjarwangi, Talegong, dan Cisewu. Sementara di wilayah utara terdapat di Kecamatan Malangbong, yang memiliki potensi banjir bandang dan longsor.

”Kita imbau seluruh warga untuk hati-hati. Kita juga akan turun langsung untuk melakukan sosialisasi langsung,” kata dia. (igo)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan