Hujan Es Berjatuhan di Langit Kota Cimahi, Begini Penjelasan BMKG

CIMAHI – Fenomena hujan es terjadi di Kota Cimahi pada Rabu (23/9). Fenomena tersebut terjadi saat hujan deras yang disertai angin hujan mengguyur sekitar pukul 14.45 WIB.

Butiran es saat hujan deras terjadi terlihat sangat jelas. Bentuk es yang bulat seukuran kelereng berserakan di jalan dan lantai bangunan sebab tertiup angin yang juga berhembus sangat kencang.

“Iya tadi ada hujan es. Momennya kan langka jiga ya sudah tadi sempat moto,” kata Bagus (25), salah seorang warga.

Berdasarkan penjelasan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kelas I Bandung, fenomena cuaca ekstrem pada musim pancaroba sangat lumrah terjadi sehingga meningkatkan potensi terbentuknya awan Cumulonimbus atau awan gelap berlapis.

“Yang menyebabkan terjadi cuaca ekstrem contohnya hujan lebat dan hujan es,” ungkap Kepala BMKG Kelas 1 Bandung, Tony Agus Wijayam

Tony menjelaskan jika hujan es terjadi karena puncak awan yang melebihi batas ketinggian lapisan beku di udara pada ketinggian lebih dari 5 kilometer. “Jadi sebetulnya ini fenomena biasa yang terjadi. Tapi kami imbau warga berhati-hati saat melintas ketika hujan deras dan hujan es terjadi,” katanya.

Saat ini sebagian wilayah Jawa Barat, termasuk Kota Cimahi dan sekitarnya mulai memasuki masa pancaroba yang terjadi sejak September hingga Oktober nanti. (mg4/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan