Pj Sekda Minta ASN Realisasikan Visi Pemkab Dalam Bertugas

SOREANG – Aparatur Sipil Negara (ASN) sebagai abdi negara, selain harus mampu menjalankan tugas dan kewajibannya melayani masyarakat, ASN juga dituntut menjadikan visi pemerintah sebagai tujuan dalam melaksanakan tugasnya.

Hal itu dikatakan Pejabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bandung Tisna Umaran, usai melantik 46 pejabat fungsional di Lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung, di Gedung Moch. Toha, Soreang, Senin (21/9).

”Tak terkecuali ASN Pemkab Bandung yang harus menjadikan visi Pemkab Bandung, yakni maju, mandiri dan berdaya saing, sebagai tujuan dalam melaksanakan tugas,” tegasnya.

Menurutnya, visi bukan hanya sekedar slogan atau kata-kata saja. Namun harus dijadikan itu sebagai pedoman dalam karir kita sebagai ASN. Selain itu, dirinya juga mengajak ASN untuk terus berinovasi dalam menciptakan pelayanan maksimal kepada masyarakat.

”Yang bisa kita lakukan saat ini adalah terus mengeksplor potensi diri. Contohnya saja Dinas Pertanian, di tengah pandemi mereka tetap berinovasi menghubungkan para petani dengan pembeli. Sampai saat ini, tak kurang dari 10.000 paket sayuran telah di distribusikan,” jelasnya.

Lebih dalam Tisna menekankan, saat ini jabatan fungsional (jabfung) mendapatkan perhatian dari pemerintah pusat. Mengingat, bakal ada pengalihan pejabat struktural pada tingkat eselon III dan IV menjadi tenaga fungsional.

”Jafung dapat mencerminkan kinerja pelayanan suatu daerah. Hal ini dapat dilihat dari butir kegiatan yang dapat diamati, diukur dan dikembangkan sesuai dengan peran dan fungsi jabatannya. Maka dari itu, saya mengimbau pejabat fungsional yang baru dilantik agar melaksanakan tugas dengan baik. Karena tidak hanya bertanggung jawab pada negara, tapi juga kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala,” jelasnya.

Dia pun berharap, pejabat yang baru dilantik dapat memberikan kontribusi terhadap pencapaian visi misi Pemkab Bandung.

”Selain harus mempertahankan integritas, loyalitas, disiplin dan komitmen terhadap tugas dan tanggung jawab, ASN juga harus memiliki kemampuan untuk mengkombinasikan serta memanfaatkan berbagai sumber daya secara optimal. Sehingga dapat mempercepat tercapaianya visi misi Kabupaten Bandung,” pungkasnya.(rls/ziz)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan