oleh

Iuran Dana Atasi Krisis Air Bersih

NGAMPRAH – Warga Perumahan Batu Indah Regency, RT 05/06 Desa Cilame, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat secara swadaya membuat sumur air bersih. Pembangunan dilakukan oleh warga itu menghabiskan anggaran sebesar Rp 600 juta.

Pembangunan sumur bor yang dibiayai dari sumbangan 207 kepala keluarga (KK) warga RT 05 tersebut diapresiasi Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna yang datang melihat langsung sumur tersebut.

”Saya salut dan bangga dengan kekompakan warga RT 05 ini. Mereka yang bangun dan mereka juga yang menikmati air bersihnya, bahkan bisa memberikan pendapatan,” kata Aa Umbara saat mengunjungi lokasi, Selasa (15/9).

Menurut Aa, dirinya sangat mengapresiasi program swadaya tersebut, air dari sumur disalurkan ke 300 rumah penduduk yang berada di RT 05. Sesuai kesepakatan seluruh warga, pemakaian air bersih dikenakan tarif. ”Dalam sebulan terkumpul Rp 30 juta. Uangnya dikelola oleh warga yang digunakan untuk kepentingan warga sendiri,” jelasnya.

Menurutnya, pendapatan Rp 30 juta per bulan sangatlah besar. Bahkan hal tersebur belum tentu bisa dilakukan oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di KBB sekalipun. ”Inilah yang patut dijadikan contoh, Di tingkat RT saja mampu, mestinya BUMDes harus bisa juga,” tuturnya.

Baca Juga


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga